Yesus yang Lain?

Pertanyaan apakah Yesus sama dengan Isa cukup hangat dibahas di dunia maya. Saya telah menulis status singkat tentang hal ini, yg intinya jawaban Ya & Tidak seharusnya tidak perlu dipertentangkan karena hanya perbedaan sudut pandang. Jawaban Ya, melihatnya dari maksud penulisannya bahwa Isa dimaksudkan merujuk ke Yesus yg ada di tanah Palestina/Israel pada abad pertama. Sedangkan jawaban Tidak, melihatnya dari perbedaan deskripsi profilnya misalnya Yesus lahir di bawah pohon kurma dll.

Bagi mereka yang memahami adanya dua sudut pandang ini, saya kira tidak akan mempersoalkanya lebih lanjut. Namun masalahnya jika ada pihak yang mencoba memaksakan hanya salah satu sudut pandang yang benar. Polemikus muslim Menachem Ali telah membahas hal ini dengan fokus pada kajian linguistik kata Isa (Arabic) dengan Isho (Suryani) serta menyebut referensi Arabic Bible yang menuliskan kata Isa. Namun pendekatan yang terlalu menekankan pada aspek kesamaan kata ini sepertinya mengabaikan signifikansi perbedaan substansial yang ada.

Dalam status saya itu, saya menyatakan posisi saya bahwa penyebutan Isa memang dimaksudkan ke Yesus namun itu "Yesus yang lain". Saya menggunakan istilah ini sebagaimana digunakan dalam Perjanjian Baru.
2 Kor 11:4 Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima.

Frase "Yesus yang lain" (allon Iēsoun) bukan berarti merujuk ke orang lain atau "salah orang" namun tetap merujuk ke orang yg sama. Namun dalam beberapa detail deskripsinya yg substansial tidaklah tepat bahkan menyimpang walaupun banyak detail lainnya sama.

Menariknya dalam 2 Kor 11:4 tidak hanya menyebut Yesus yang lain melainkan juga roh dan Injil yang lain atau berbeda.
- Another Jesus (allon Iēsoun)
- A different spirit (pneuma heteron)
- A different gospel (euaggelion heteron)

Perlu ditegaskan di sini bahwa penyebutan kata "injil" tidak terkait dengan "kitab Injil" melainkan pada berita kabar baik tentang keselamatan dalam Kristus. Polemikus muslim sering berasumsi bahwa Yesus telah diberikan sebuah "kitab Injil" walaupun sampai sekarang tidak bisa memberikan bukti eksistensi manucript "injil Yesus" bahkan tidak ada referensi kutipan dari bapa-bapa gereja, penulis sekular kuno dll yang pernah menyebut keberadaannya.

Lalu apa yg dimaksud dengan Yesus/roh/Injil yg lain itu? Dari data Perjanjian Baru kita bisa mengetahuinya bahwa itu adalah ajaran menyimpang dari apa yang diajarkan Yesus dan para rasul.. Munculnya ajaran menyimpang ini seiring terbentuknya komunitas mula-mula orang yang percaya Yesus yg biasanya terkait dengan kepercayaan lama mereka. Misalnya beberapa orang Yahudi yang percaya, mengajarkan bahwa untuk selamat juga harus menjalankan Taurat selain percaya Yesus. Ajaran ini kemudian ditolak dalam Sidang Yerusalem.

Kis 15:1 Beberapa orang datang dari Yudea ke Antiokhia dan mengajarkan kepada saudara-saudara di situ: "Jikalau kamu tidak disunat menurut adat istiadat yang diwariskan oleh Musa, kamu tidak dapat diselamatkan."
Kis 15:11 Sebaliknya, kita percaya, bahwa oleh kasih karunia Tuhan Yesus Kristus kita akan beroleh keselamatan sama seperti mereka juga."

Yesus yg lain pada masa itu juga terkait dengan konteks kepercayaan paganisme seperti doketisme atau istilahnya proto gnostik menurut scholar Ben Witherington. Para pengikut Yesus ini melalukan sinkretisasi dengan gnotisisme sehingga mereka tidak menerima kemanusiaan Yesus, hanya keilahianNya yg khas gnostik. Rasul Yohanes tegas menolak ajaran doketisme ini dengan menyatakan bahwa roh yang benar, juga menerima kemanusiaan Yesus disamping keilahianNya.
1 Yoh 4:2 Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,

Dari semua data ini, kita bisa tegaskan bahwa "Yesus yang lain" memang merujuk ke Yesus dalam Alkitab. Beberapa detail deskripsinya bisa saja sama namun adanya beberapa perbedaan substansial maka itu dikategorikan sebagai "Yesus yang lain". Salah satu hal yg substansial yaitu menolak aspek kemanusiaanNya atau keilahianNya.
Share:

Tidak ada komentar: