Debat Historitas Injil & Penyaliban Yesus: Seri 6 Penutup


Pengantar: Seri 6 ini adalah akhir dari perdebatan yang cukup panjang. Berdasarkan berbagai data sejarah bahwa kisah penyaliban & kematian Yesus sangatlah historis. Demikian juga kebangkitan Yesus yang memang belum menjadi fokus pembahasan dalam debat ini. 
Yesus mati untuk anda dan saya...

Mata Malaikat
 Baik saya jawab apa yg anda minta.
Menurut saya, injil kanonik yg ada saat ini merupakan buku sejarah yang ditulis oleh penulis2 seprti LUKAS dan kebenarannya perlu diteliti lagi.
Sebagai buku sejarah, keakuratan ceritanya perlu ditinjau ulang mengingat sipenulis hanya menuliskan berdasarkan kesaksian dari oranglain. Contoh Kesaksian penyangkalan PETRUS 3x terhadap jesus...
Share:

Debat Historitas Injil & Penyaliban Yesus: Seri 5 Evaluasi Debat & Pernyataan Kontroversial


Apologia Kristen
ok.. sy coba mengevaluasi diskusi yg telah berlangsung sampai saat ini dan sy melihat anda terus memunculkan point2 baru yg justru tdk berpengaruh dgn standing point anda Quran.

Pertama anda mengangkat masalah codex, dan kurang memperhatikan faktor manuscript pra codex, sehingga tuduhan anda dokumen injil hanyalah produk abad ke-4 tdk akurat. Anda kemudian msk ke masalah kanonisasi terutama dgn point masalah terlambatnya beberapa kitab msk ke dalam kanon. Sekali lagi ini menunjukan anda kurang mengerti sejarah kanonisasi, dgn mencoba meragukan otentitas injil berdasarkan hal ini. Padahal kitab2 yg tdk terlambat msk dalam kanon atau diterima universal sejak semula termasuk diantaranya injil2 Kanonik. Selanjutnya anda mencoba membandingkan dgn injil apokrif dan lagi asumsi anda gugur, karena dlm byk hal injil kanonik sangat otoritaf & otentik. Terakhir anda msk ke masalah manuscript P52 & lukas yg menyebut tulisan2 lain dan telah sy bahas di atas.
Share:

Debat Historitas Injil & Penyaliban Yesus: Seri 4 Manuscript & Penulisan Injil


Mata Malaikat
JJ: Contoh manuscript P52 yg berisi fragmen Injil Yohanes oleh papyrologist ditentukan bertgl thn 125. Dgn ditemukannya di Mesir jauh dr Yerusalem di thn 125-an

Setahu saya manuskrip P52 hanya berisi 7 baris dari kitab Johanes (jhon 18:31-33) dan (jhon 18:37-38) dibagian belakang. artinya tidak utuh sebuah kitab. dan ditemukan tahun 1920 BUKAN tahun 125 seperti yg anda bilang. Dan ini dianggap manuskrip TERTUA dari perjanjian baru.

Tahun 125 pun baru sekedar ANGGAPAN krn anddapan sebenarnya bahwa tulisan ini barasal dari pertengahan abad pertama hingga pertangahana abad ke 2. Jadi belum ada indikasi bahwa tulisan ini berasal dari Zaman ketika Jesus masih hidup. Seandainya benar ditulis tahun 125M, maka bisa dipastikan penulisnya BUKAN murid Johanes, Kecuali beliau berumur hingga ratusan tahun seperti perkiraan tadi (pertangahan abad pertama--> pertengahan abad ke 2)

Apologia Kristen
Yah maksud pernyataan sy thn 125 adalah thn penulisan manuscriptnya. Silahkan perhatikan pernyataan dr ahli textual criticism ttg hal ini.

".. The critical significance of p52, which preserves only a fragment of John 18, lies in the date of 'about 125' assigned to it by the leading papyrologists. Although 'about 125' allows for leeway of about twenty-five years on either side, the consensus has come in recent years to regard 125 as representing the later limit, so that p52 must have been copied very soon after the Gospel of John was itself written in the early 90's A.D. (with the recent discovery of p90 another second century fragment of the Gospel of John is now known). It provides a critical witness to the quality of the New Testament textual tradition, further confirming it by exhibiting a 'normal text', i.e., attesting the text of today (that of Nestle-Aland26 and GNT3)." The Text of the New Testament, Aland and Aland, Eerdmans/EJ Brill: 1989 (2nd ed).
Share: