Genealogy Discussion (Seri 4): Kredibilitas Talmud & Referensi tentang Yesus

Tulisan tentang Yesus (Yeshu) Ben Stada dalam serie ke-3 dari Genealogy Discussion Series telah ditanggapi Menachem Ali melalui tulisan Part 7 dari series "Sejarah yang Terlupakan". Namun tanggapan tersebut terkesan ditulis terburu-buru dan banyak mengandalkan retorika tanpa ditunjang data memadai. Bahkan menyajikan strawman arguments terhadap posisi saya.

Hasil gambar untuk Talmud
Pertama-tama mari kita lihat strawman arguments tersebut yang memposisikan bahwa saya menolak referensi tentang Yesus dalam Talmud. "..Jimmy Jeffrey sengaja menggiring opini kepada para pembacanya untuk berpandangan bahwa narasi Yeshu ha-Notzri yang disapa dng sebutan Yeshu Ben Stada atau Yeshu Ben Panthera sebagaimana yang termaktub dalam kitab Talmud merupakan narasi fakta historis yang merujuk pad Yesus yang lain (the other Jesus), dan bukan merujuk kepada Yeshu ha-Notzri.."

Padahal posisi saya jelas tidak menolak referensi tentang Yesus dalam Talmud, namun mengkritisi rujukan dalam Talmud khususnya tentang Ben Stada. Saya kutipkan lagi pernyataan saya "...Dalam Talmud tersebut Ben Stada disamakan dgn Ben Pandera yang memang dlm Talmud pada bagian yg lain Ben Pandera lebih merujuk pada Yesus seperti dlm Talmud Babilonia: Abodah Zarah 27b ddan Talmud Yerusalem: Shabbath 14d & Abodah Zarah 40d. Maka penyebutan Ben Stada jelas tdk akurat karena pihak Ammorium telah mencampurkan adukan Orang Mesir itu dgn Yesus. Hal ini membuktikan rujukan dlm Talmud berkaitan informasi sejarah bukan informasi yg bisa diandalkan..".

Gambar terkait

Dari Talmud Babilonia (Bavli), Shabbath 104b dituliskan "... But did not Ben Stada bring forth witchcraft from Egypt by means of scratches18 [in the form of charms] upon his flesh?.." tentang seseorang yang membawa sihir dari Mesir. Detail ini lebih cenderung merujuk kepada "orang Mesir" sebagaimana disebutkan dlm Kis 21:38 & Joshepus (Antiquities 20:8:6) dibanding Yesus dr Nazareth. Tidak ada data yang menunjukan Yesus ke Mesir dlm usia dewasa kecuali saat bayi bersama kedua orang tuanya.

Detail lain dari data Talmud itu tentang anakronisme, yang membantah rujukan Ben Stada ke Yesus yaitu penyebutan Pappos b. Judah  sebagai suami Maria yang hidup bukan pada masa Yesus melainkan pada abad berikutnya. Saya telah mengutip pernyataan seorang scholar Travers Herford dlm bukunya Christianity in Talmud & Midrash, William & Norgate, London, 1953 yang menyatakan "...He was contemporary with, and a friend of, R. Aqiba". Untuk lebih jelasnya, saya tampilkan data Talmud tentang hal ini. Talmud Bavli, Berachoth 61b ".. Pappus b. Judah came and found R. Akiba publicly bringing gatherings together and occupying himself with the Torah.. afterwards R. Akiba was arrested and thrown into prison, and Pappus b. Judah was also arrested and imprisoned next to him..".

Memang point anakronisme selain membantah pengasosian Ben Stada dgn Yesus juga sekaligus Ben Stada dgn "orang Mesir" yg hidup pd abad pertama. Sehingga memunculkan alternatif ketiga yaitu seseorang yg hidup pada abad kedua pd masa rabbi Akiba. Namun alternatif ini tetap membantah Ben Stada sebagai Yesus yg menjadi inti dari diskusi. Adapun detail yg jadi dasar anggapan Ben Stada itu Yesus adalah penyamaan Ben Stada dgn Ben Pandera, dimana pada bagian Talmud yg lain Ben Pandera lebih merujuk ke Yesus, seperti penyebutan Yesus digantung & mempunyai murid-murid (Talmud Bavli: Sanhedrin 43a) & penyembuhan dalam nama Yesus Ben Pandera (Talmud Bavli:Abodah Zarah 27b & Talmud Jerusalem: Shabbath 14d/Abodah Zarah 40d). Selain itu adanya kesamaan dgn nama ibu Yesus (Maria), namun nama "Maria" begitu umum di Palestina saat itu sebagaimana bisa kita lihat dlm Injil.

Asersi M Ali tentang tuduhan zinah mengacu pada kata Stada "...sang tokoh Miryam yang disapa dng gelar Stada; akronim dari Satit da mi ba'alah (sang perempuan yang tidak setia kepada suaminya)..". Namun dari kajian atas teks dlm Talmud itu, menunjukan penyebutan Ben Stada itu tidaklah akurat. Apalagi dikatakan sebagai ingatan kolektif dari orang Yahudi yg diwariskan ke generasi berikutnya, karena bukti dari detail tentang "orang Mesir" dan "anakronisme" membantah klaim M Ali.

Dalam tulisan saya sebelumnya, telah dipaparkan data extrabiblikal tentang tuduhan mengenai "the illegitimate birth" dr Yesus oleh Celsus seorang penulis pagan dlm bukunya the True Discourse (Alethes Logos) thn 178M. Tulisan itu telah hilang, namun msh tercatat kutipannya dlm tulisan Origen berjudul the Contra Celsum (Against Celsus) thn 248M. Celsus mendengar info itu dr orang Yahudi diaspora dan menyebutkan ttg Panthera seorang prajurit Romawi yg menghamili Maria. Keterangan ini kontradiktif dgn detail dlm Talmud, karena dlm Talmud tidak ada petunjuk adanya "perkosaan" atau "perselingkuhan" karena adanya penyebutan suami Maria. Selain itu dlm Talmud suami Maria atau katakanlah "orang" yg menghamilinya lebih merujuk pd orang Yahudi dan bukan gentile. Kemungkinan besar seseorang yg bernama Pandera/Phantera yg disebutkan oleh Celsus & Talmud hanya nama fiktif dan hanya permainan kata dari kata Yunani "parthenos" (perawan) sebagaimana dikatakan beberapa scholar seperti Joseph Klausner dlm bukunya Jesus of Nazareth, New York: Menorah Publishing Co, 1925.

Hal yg menarik Justin Martyr yg hidup pada awal abad ke-2 dlm bukunya Dialogue with Trypho menuliskan pembelaannya terhadap kekristenan dr seorang Yahudi, namun tdk ada tuduhan dr orang Yahudi dlm dialog tsb ttg the illegitimate birth dr Yesus.  Dari perbandingan tulisan Origen & Justyn Martyr ini, terlihat bhw  issue masalah Yesus sebagai anak hasil perzinahan lebih dulu berkembang di kalangan Yahudi diaspora dibanding Yahudi di Palestina. Pointnya cukup jelas issue masalah "the illegitimate birth" nanti berkembang pd abad berikutnya sesudah masa Yesus.

Dari kajian ini, tesis yang disampaikan Paul Meier semakin diperkuat, bahwa tuduhan masalah the illegitimate birth itu nanti berkembang setelah injil Kanonik khusus Matius telah tersebar, sehingga informasi ttg the virgin birth telah diketahui banyak orang. Bagi mereka yg tidak menerima konsep the virgin birth akan beranggapan bhw Maria telah berzinah atau diperkosa sehingga melahirkan Yesus. Saya kutipkan kembali tesis Paul Meier yg dituliskan dlm salah satu bukunya ".. That Matthew’s version should be the major target of the parody is hardly surprising. Matthew—the supposedly “Jewish Gospel”—is much clearer in its affirmation of the virginal conception than is Luke, and by the middle of the 2d century Matthew was fast becoming the most popular Gospel in mainstream Christianity... All that the story in Celsus really tells us, therefore, is that by the middle of the 2d century a.d. some Diaspora Jews had become aware of the claims Matthew made in 1:18–25 and had tried to refute them by parody". Meier, J. P. (1991). A marginal Jew, rethinking the historical Jesus: Volume one, The Roots of the Problem and the Person (224). New Haven;  London: Yale University Press. page 223.

M Ali terkesan mencoba membela kredibilitas Talmud dengan menolak hasil analisis saya tentang Ben Stada padahal saya telah menyajikan data yg signifikan. M Ali menolak pendapat R.T. France dengan manyatakan "...Kitab Talmud dalam pandangan Judaism bukan sekedar kumpulan midrash Halacha yang menyangkut persoalan hukum, tetapi juga merupakan kumpulan midrash Aggada yang penyangkut persoalan teologi dan sejarah..". Namun pendapat M Ali justru bertentangan dgn pendapat banyak ahli termasuk seorang Jewish Scholar disegani Jacob Neusner, dalam bukunya Rabbinic Narrative: A Documentary Perspective Volume One, Brill, London-Boston, 2003, Neusner menyatakan "... The entire corpus of narratives in the Halakhic foundation-documents, the Mishnah and the Tosefta, in volume does not add up to as much as an entire tractate of the Halakhah....Historical events play no important role in suggesting themes for narration, let alone happenings worthy of particular interest (page 300) .. Finally, the new consensus of learning outside of the State of Israel, that stories in the Rabbinic literature cannot be read as factual, historical accounts of things really said and done, finds confirmation in her discussion (page 310)"

Jika M Ali mau konsisten dengan sikapnya untuk membela kredibilitas Talmud maka detail informasi sejarah lainnya dalam Talmud dan berbagai literatur rabbinik seharusnya diterimanya, jika tidak akan terjadi standard ganda di sini. Lalu bagaimana dengan keterangan dlm Talmud yg jelas menyebutkan Ishak yg dikorbankan bukan Ishmael (Talmud-Sanhedrin 89b)? Informasi tentang Ishak sebagai anak yg akan dikorbankan juga terdapat dlm Targum Pseudo Jonathan, Midrash & Dead Sea Scrolls.

M Ali kemudian membuat pernyataan yg menurut saya cukup "berani" dengan mengatakan "..Teks Quran terkait konsep the virgin birth tidak memiliki daya otoritas atas peristiwa yang terjadi menyangkut Yeshu ha-Notzi, karena Quran bukanlah teks yang berperan sebagai saksi fakta, tetapi Quran hanya bisa diajukan sebagai teks yang berperan sebagai saksi ahli. Itu pun tidak penting, karena kesaksian Quran sebagai teks saksi ahli hanya bersifat sekunder, tetapi tidak dijadikan sebagai alat bukti. Bukankah Quran baru terbit 600-an tahun kemudian pasca peristiwa itu terjadi? Jadi tidak penting menjadikan Quran sebagai alat bukti..".

Apakah memang benar narasi sejarah dlm Quran tidak memiliki daya otoritas? Lalu bagaimana dengan detail sejarah dlm Quran yang jelas-jelas bertentangan dgn Tanakh/PL dan PB misalnya tentang anak yg akan dikorbankan (Ishak atau Ishmael)? Berdasarkan pendapat M Ali bahwa Quran bukanlah saksi fakta hanya sebagai saksi ahli, maka pernyataan Quran yg berbeda itu bisa dikatakan "lemah" atau tidak "berotoritas" dibandingkan saksi fakta untuk Tanakh/PL atau PB. Saya kira umumnya muslim akan bersandar pada pemahaman wahyu dari Allah yang berdasarkan iman diklaim berotoritas. So... ini sebuah terobosan "berani"  dari M Ali yang juga diamini oleh beberapa rekannya dalam diskusi di FB.

Sebelum menutup tulisan ini, saya perlu menjelaskan masalah seputar pengeditan Talmud oleh pihak Yahudi karena terus di-blow up oleh M Ali. "...Perubahan dan pengeditan redaksional teks dalam Talmud, bahkan pembakaran besar-besaran terhadap kitab Talmud terkait pencitraan negatif ketokohan Yesus versi PB ternyata tidak dibaca secara kritis oleh Jimmy Jeffrey, sehingga dia menyimpulkan bahwa nama-nama seperti Yeshu Ben Stada & Yeshu Ben Panthera dalam kitab Talmud yang ada saat ini tidak dianggap merujuk pada Yesus dari Nazareth, Yeshu ha-Notzri sebagaimana yang termaktub dalam PB.."

Saya telah jelaskan sebelumnya bahwa M Ali membuat strawman arguments disini, karena posisi saya jelas bahwa dlm Talmud terdapat informasi tentang Yesus dr Nazareth tetapi dengan detail yg tidak akurat. Saya kira umumnya bible scholars masa kini termasuk pihak kekristenan pada abad pertengahan mengetahui informasi ttg hal ini. Jika kemudian ada pihak tertentu dr kekristenan tidak suka dengan image negatif tentang Yesus, itu persoalan lain. Sikap mereka keras dgn Yahudi tidak bisa dijadikan dalil sama seperti tindakan inkuisisi gereja tdk bisa dijustifikasi sebagai ajaran Kristen. Point yg diangkat M Ali ini berangkat dr asumsi bahwa saya menolak referensi Yesus dlm Talmud kemudian dia konfrontir dgn sikap pihak otoritas tertentu dlm kekristenan yg menganggap Yesus ada dalam Talmud tetapi tidak menyukai image negatifnya. Karena saya memiliki posisi yg sama dgn pihak tertentu dr kekristenan yg dimaksud M Ali bahwa referensi Yesus memang ada dalam Talmud, maka point M Ali menjadi tidak relevan.

Sebagai tambahan informasi, tindakan pengeditan Talmud memang salah satunya karena faktor tekanan dr kekristenan, salah satu rujukannya dr tulisan jewish historian Israel Shahak dalam bukunya Jewish History, Jewish Religion: The Weigh of Three Thousand Years, Pluto Press, 1994 ".. From the 16th century, all the talmudic literature, including the Talmud itself, was subjected to Christian censorship in various countries..". Namun pihak Yahudi sendiri ikut melakukan sensor terhadap Talmud tentu dgn maksud menghilangkan nilai historis kesejarahan Yesus. Moris Goldstein dalam bukunya Jesus in the Jewish Tradition, New York: Macmillan Publishing Co, 1950 menuliskan tentang perintah dr sinode Yahudi di Polandia tahun 1631 dengan ancaman kutuk, agar tidak menerbitkan edisi Mishnah atau Gemara yg mengacu Yesus dr Nazareth.

Walaupun adanya sensorship dari pihak kekristenan & Yahudi terhadap Talmud, tetapi bagian2 dr hasil sensorship tidaklah hilang. ".. Beginning with the Basle edition of the Talmud (1578–80), those passages in which Jesus was mentioned, as well as other statements alluding to Christianity, were deleted from most editions of the Babylonian Talmud by the Christian censors or even by internal Jewish censorship. These deletions were later collected in special compilations and in manuscripts (cf. R.N.N. Rabbinowicz, Ma’amar al Hadpasat ha-Talmud (1952), 28n.26)..". page 249, Fred Skolnik, Ed, Encyclopaedia Judaica, Second Edition Volume 11, Keter Publishing House, 2007. Dalam ulasan saya terhadap terhadap Talmud Bavli Shabbath 104b, saya juga telah serta bagian yang telah disensor tsb.

Dalam tulisan yg lain, M Ali mencoba membuktikan berdasarkan injil, bahwa pada masa Yesus telah ada tuduhan the illegitimate birth terhadap Yesus dgn mengelaborasi Yoh 8:41 & penggunaan term anak Maria. Memang ada perbedaan pendapat diantara bible scholars mengenai tafsiran Yoh 8:41 dan M Ali hanya mengutip scholar yg sesuai dgn pendapatnya. Namun dr kajian konteks, justru tidak ada petunjuk adanya tuduhan the illegitimate birth tsb. Pembahasan lebih detail akan diuraikan di tulisan-tulisan berikutnya. Hasil dari kajian ini akan berdampak pada otentitas pernyatan Quran mengenai adanya tuduhan pezinah kepada Maria (QS Maryam 20) yang mengarah ke anakronisme.

Lihat Seri Diskusi
Share:

1 komentar:

Anonim mengatakan...

youtube channel: football, esports, cricket, basketball - VICODL.CC
youtube channel: football, esports, cricket, basketball, youtube to mp3 320kbps basketball, volleyball, tennis, hockey, golf, hockey, golf, boxing, boxing, sbo, g