Siapa yang dikorbankan: Ishak atau Ismael?

Setiap Idul Adha kaum muslim merayakan peringatan kisah nabi Ibrahim (Abraham) yang akan mempersembahkan Ismael sebagai korban kepada Allah, peristiwa ini terjadi di Mekkah tanah Arab. Namun berbeda dengan pengajaran Kristen yang menyatakan bahwa Ishak-lah anak yang akan dikorbankan. Bahkan dalam kronologis perjalanan Abraham dari Ur Kasdim-Haran sampai meninggalnya di Hebron, tidak ada petunjuk bahwa Abraham pernah ke Mekkah untuk membangun Kabbah.

Perbedaan ini menghasilkan dua perspektif yang sangat bertolak belakang. Jika ada dua pernyataan yang berbeda tanpa bisa diharmoniskan maka konsekuensinya salah satunya benar & lainnya salah. Memang ada yang mencoba mendamaikan dengan menyatakan: “..toh keduanya Ishak & Ismael tidak pernah jadi dikorbankan digantikan dengan domba”. Namun pernyataan ini mengabaikan fakta bahwa terjadi perbedaan “perintah” dari Tuhan, satunya menyuruh mempersembahkan Ishak dan lainnya Ismael. Satu kisah menyatakan Abraham & Ismael pernah ke Mekkah dan lainnya tidak. Jelas tidaklah mungkin kedua-duanya benar.

Konsekuensi logisnya jika Ismael benar yang akan dikorbankan & pernah ke Mekkah Arab, maka kebenaran Kristen & sistem teologisnya menjadi runtuh, karena Alkitab dengan tegas mengajarkan Eksklusivitas Israel sebagai bangsa pilihan & Yesus satu-satunya Mesias melalui keturunan Ishak. Namun jika Ishak benar yang dikorbankan & Abraham/Ismael tidak pernah ke Mekkah Arab, maka dasar historis Islam termasuk ritual ibadah Haji akan runtuh & membuat kebenaran Islam menjadi diragukan.

Bagi mereka yang sungguh-sungguh mencari kebenaran akan menyadari konsekuensi ini. Apakah posisinya saat ini sudah benar atau salah? Kemungkinan besar banyak pihak tidak  mau mengalah & menerima kebenaran pihak lain, karena sudah berbicara "fanatisme iman". Namun bagi mereka pencari kebenaran sejati akan secara jernih menimbang setiap argumentasi yang ada kemudian menjatuhkan pilihannya.

Secara ringkas, pandangan Islam bertitik tolak  pada ayat-ayat Quran yang mengindikasi Ismael yang dikorbankan, walaupun sebenarnya Quran tidak menyebut secara eksplisit Ismael yang akan dikorbankan tetapi hanya berdasarkan tafsir dari pihak Muslim. Justru argumentasi yang dibangun lebih  dominan mengacu pada Alkitab itu sendiri, dengan cara merekonstruksi kembali kisah itu sesuai perspektif Islam. Namun sangat disayangkan argumen ini terlalu terfokus pada detail tertentu dengan mengabaikan banyak detail lainnya serta konteks perikop, konteks kitab & konteks benang merah Perjanjian Lama-Perjanjian Baru.

Islam memandang  Alkitab telah dipalsukan atau diedit dengan menggantikan kata "Ismael" menjadi "Ishak" yang akan dikorbankan, dengan alasan adanya motif fanatisme bani Israel pada nenek moyangnya yaitu Ishak. Argumentasi utamanya mengacu pada istilah "anak tunggal" dengan menyatakan bahwa tidak mungkin Ishak bisa disebut anak tunggal karena dia memiliki seorang kakak, Ismael lebih cocok disebut anak tunggal pada waktu Ishak belum lahir. Maka direvisilah kronologis kisah tersebut dalam Alkitab dengan menempatkan perikop perintah pengorbanan anak tunggal berada sebelum perikop kelahiran Ishak. Untuk mendukung argumentasi ini diangkat kisah pengusiran Hagar & Ismael yang dianggap aneh serta kekeliruan susunan kronologis kisah Abraham pasca peristiwa pengorbanan anak tunggal.

Sekilas argumentasi yang dibangun terlihat masuk akal sehingga bagi pembaca yang tidak kritis akan menerimanya begitu saja, bahkan umat Kristen yang tidak teliti bisa terpengaruh. Namun jika diteliti secara seksama dengan metodologi yang tepat menggunakan eksegese, kajian konteks, referensi sejarah dan sebagainya, justru memberikan kesimpulan yang sebaliknya. Penyebutan “anak tunggal” tidak harus dipahami secara literal dalam pengertian jasmani. Dari konteksnya membuktikan bahwa anak tunggal yang dimaksud adalah satu-satunya Anak Perjanjian yang akan menurunkan Mesias dan satu-satu Ahli Waris sesuai hukum pada masa itu. Untuk lebih jelasnya silahkan pelajari artikel tentang anak tunggal ini. Sedangkan tuduhan masalah keanehan kisah pengusiran Hagar & Ismael ternyata bukanlah sebuah masalah. Seandainya memang benar ada kekeliruan dalam kisah itu, tetap tidak memberikan bukti apa-apa bahwa Ismael yang akan dikorbankan. Karena tidak ada referensi kisah tandingan yang valid mengenai pengorbanan Ismael. Hanya ada satu satunya sumber referensi mendukung Ismael yaitu Injil Barnabas yang terbukti hasil rekayasa abad 12-13 M. Justru sebaliknya referensi sejarah sangat melimpah menyatakan bahwa Ishak adalah anak tunggal yang akan dikorbankan itu.

Bagi kita umat Kristen, pemahaman akan hal ini penting karena Yesus Kristus yang kita imani adalah Mesias dari jalur keturunan Ishak. Kisah pengorbanan anak tunggal melambangkan kisah Kristus. Marilah kita berdoa agar saudara-saudara kita dibukakan pikiran dan hati mereka untuk menyadari kebenaran ini dan kemudian menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.
Amin

Jimmy Jeffry
Share:

12 komentar:

asroq mengatakan...

Hajar (Hagar) diusir & tinggal di Bersyeba
Karena Sara istri pertama Abraham tidak senang pada Hagar & Ismail, apalagi masalah ahli waris, maka Hagar & Ismail diurir kelua dari rumahnya. Setelah terusir, Hajar pergi mengembara bersama anaknya Ismail & akhirnya mereka tinggal menetap di Bersyeba.

“Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta sekirbat air & memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi. Maka pergilah Hagar & mengembara di padang gurun Bersyeba.” (Kej 21:14)

Ayat tersebut menunjukkan bahwa Hajar (Hagar) bersama anaknya Ismail, mereka tinggalnya di Bersyeba. Sedangkan Abraham & Sara serta Ishak tinggalnya di Hebron.

Abraham melakukan perintah Allah
“Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya. Tetapi berserulah Malaikat TUHANdari langit kepadanya: ‘Abraham, Abraham.’ Sahutnya: ‘Ya, Tuhan.’ Lalu Ia berfirman: ‘Jangan bunuh anak itu & jangan kau apa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah & engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yg tunggal kepada-Ku." (Kej 22:10-12)

Setelah lakukan perintah Allah mengorbankan anaknya yg tunggal (anak pertama, pasti Ismail), Abraham pulang ke Bersyeba. “Kemudian kembalilah Abraham kepada kedua bujangnya & mereka bersama-sama berangkat ke Bersyeba & Abraham tinggal di Bersyeba” (Kej 22:19)

Bunyi ayat tersebut jelas bahwa Abraham tinggai bersama Hajar & Ismail di Bersyeba. Dan yg dikorbankan adalah Ismail, bukan Ishak.

akubisaakupastibisa mengatakan...

@asroq : kalau membaca/menyalin ayat itu harus lengkap Pak..
Anda hanya mengutip potongan2 ayat yang mendukung pendapat anda...

Di ayat2 yang saudara tuliskan, kalau saya baca utuh mulai dari Kej 20 sampai Kej 22. Menjlaskan secara JELAS, bahwa yang akan dikorbankan Abraham (Ibrahim) adalah Ishak.

Baik, sebagai perimbangan, mohon saudara tunjukkan ayat2 dalam Quran yang menceritakan kisah pengorbanan yang dilakukan Ibrahim, jadi kita akan telaah bersama-sama dengan logika.

Kita kesampingkan dulu keyakinan/iman kita, jadi kita sama2 menjadi orang netral.

RAHMAN HADIQ BIN ABBAS mengatakan...

Keterangan al kitab ttg Ishaq yang dikurbankan sangat kontradiksi dengan keterangan dr beberap ayat di dalamnya. sungguh sangat menragukan. logika dan akal budi kita dapat membahasnya dengan baik dan benar;
baca juga pembahasannya dari tulisan di bawah ini;
1.http://www.scribd.com/doc/57426862/Kisah-Abraham-Yang-Tidak-Logis-Dalam-Bible#fullscreen:on

2.http://www.scribd.com/doc/27636052/Kupas-Tuntas-Kisah-Abraham-Dan-Ibrahim

selamat membacanya

Anonim mengatakan...

al-Kitab jelas n tegas mengatakan bahwa yang doqurbankan adl Ishak. Yang jelas dlm al-Kitab ini diobrak-abrik oleh kelompok tertentu untuk memaksakan yang dikorbankan adl Ismael. Pada hal ayat-ayat sebelum qurban sdh jelas menyatakan bahwa Ishak adl anak dari istri yang sah menjadi anak perjanjian, sehingga tdk mungkin Ismael sbg anak dari istri yang tidak sah, yakni anak dari Hagar, seorang hamba. Lagian Qur'an tidak pernah mengatakan Ismael, malah merujuk kpd Ishak, lihat s. 37 As-Shafaat 100-113, tanpa pembagian perikop. Baca korelasi semua ayat itu dari mulai ayat 100 sampai ayat 113,sekali lagi tanpa dibagi menjadi 2 perikop dan diberi judul perikop.

Anonim mengatakan...

al-Kitab jelas n tegas mengatakan bahwa yang doqurbankan adl Ishak. Yang jelas dlm al-Kitab ini diobrak-abrik oleh kelompok tertentu untuk memaksakan yang dikorbankan adl Ismael. Pada hal ayat-ayat sebelum qurban sdh jelas menyatakan bahwa Ishak adl anak dari istri yang sah menjadi anak perjanjian, sehingga tdk mungkin Ismael sbg anak dari istri yang tidak sah, yakni anak dari Hagar, seorang hamba. Lagian Qur'an tidak pernah mengatakan Ismael, malah merujuk kpd Ishak, lihat s. 37 As-Shafaat 100-113, tanpa pembagian perikop. Baca korelasi semua ayat itu dari mulai ayat 100 sampai ayat 113,sekali lagi tanpa dibagi menjadi 2 perikop dan diberi judul perikop.

Dahabi al-Fam

sutresnoaji aji mengatakan...

" ini menurut saya ibarat ikan teri jadi ikan tongkol,..semua sudah ada yang men koordinator, atau membelokan, jadi susah mempertemukan,..kalau mau bukiti apa saja yang dibelokan silahkan simak : 1. Mana yang benar, 3 tahun kelaparan atau 7 tahun kelaparan?
”Kemudian datanglah Gad kepada Daud, memberitahukan kepadanya dengan berkata kepadanya, ’Akan datangkah menimpa engkau tujuh tahun kelapran di negerimu? Atau maukah engkau melarikan diri tiga bulan lamanya dari hadapan lawanmu, sedang mereka itu mengejar engkau?’” (Kitab 2 Samuel 24:13)
”Kemudian datanglah Gad kepada Daud, berkatalah ia kepadanya, ’Beginilah firman Tuhan: Haruslah engkau memilih. Tiga tahun kelaparan atau tiga bulan lamanya engkau melarikan diri dari hadapan lawanmu, sedang pedang musuhmu menyusul engkau?’” (Kitab 1 Tawarikh 21:11-13) 2. Mana yang benar, 8 tahun atau 18 tahun?
”Yoyakhin berumur delapan tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga bulan sepuluh hari lamanya ia memerintah di Yerusalem. Ia melakukan apa yang jahat di mata Tuhan.” (Kitab 2 Tawarikh 36: 9)
”Yoyakhin berumur delapan belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga bulan lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya Nehusta binti Elnathan, dari Yerusalem.” (Kitab 2 Raja-Raja 24: 8) 3. Hmmm…. yang menghitung Tuhan atau Iblis?
”Bangkitlah murka Tuhan terhadap orang Israel; Ia menghasut Daud melawan mereka, firman-Nya, ’Pergilah, hitunglah orang Israel dan orang Yehuda.’” (Kitab 2 Samuel 24: 1)
”Iblis bangkit melawan orang-orang Israel dan membujuk Daud untuk menghitung orang Israel.” (Kitab 1 Tawarikh 21: 1) 4. Membingungkan, 700 kuda atau 7.000 kuda? Mengendarai kuda atau berjalan kaki?
”Tetapi orang Aram itu lari dari hadapan orang Israel, dan Daud membunuh dari orang Aram itu 700 ekor kuda dan 40.000 orang pasukan berkuda, Sobakh, panglima tentara mereka, dilukainya sedemikian, hingga ia mati di sana.” (Kitab 2 Samuel 10: 18)
”Tetapi orang Aram itu lari dari hadapan orang Israel, dan Daud membunuh dari orang Aram itu 7.000 ekor kuda dan 40.000 orang pasukan berjalan kaki; juga Sofakh, panglima tentara itu dibunuhnya.” (Kitab 1 Tawarikh 19: 18) 2. Kelinci menjadi kelinci Hutan
?. yang tiada boleh kamu makan ?.. yaitu unta dan kawelu dan kelinci,?haramlah ia kepadamu. Ulangan 14:7 Terjemahan Lama

Menurut ayat tersebut, daging kelinci haram hukumnya bagi umat Kristen, namun ayat tersebut telah dirubah menjadi :

?.. tidak boleh kamu makan .. unta, kelinci hutan dan marmot, haram semuanya itu bagimu. Ulangan 14:7 Terjemahan Baru dan inijelas bukti bukti ada kesalahan, perhatikan juga matinya yudas, juga gakada yang benar,...kesimpulanya mana bisa ketemu kebenaran bila semua sudah diputar balikan,...ibaratnya "ikan teri jadi ikan tongkol....wassalam

Sugeng Sri Hardjanta mengatakan...

Kejadian 21:14 Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. w Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi. Maka pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersyeba. x 21:15 Ketika air yang dikirbat itu habis, dibuangnyalah anak itu ke bawah semak-semak,Ismail telah 16 th,opo bahunya Hagar tdk semplok?Kok dibuang kesemak opo Hagar tdk ditinju?

Deddy Tri mengatakan...

Genesis 21:14 (NKJV) So Abraham rose early in the morning, and took bread and a skin of water; and putting it on her shoulder, he gave it and the boy to Hagar, and sent her away. Then she departed and wandered in the Wilderness of Beersheba.

Sugeng Sri Hardjanta mengatakan...

Yg tiap tahun memperingati Ismail dibeleh(Islam) mengindikasikan bhw mereka yakin Ismail yg dibeleh.
Pendahulu2 yahudi tahu bhw yg dibeleh itu Ismail makane mereka gak memperingati Ishaq dibeleh,terus diikuti Kristen soale kan Perjanjian Lama itu dipakai Kristen juga.Ada kejanggalan Bible soal pagi2 ketika Hagar dan Ismail siap2 mau berangkat ketika diusir ,yaitu Ismail disampirkan dipundak Hagar padahal usia Ismail 16 th opo bahu Hagar tdk SEMPLOK?Lalu ketika air dikirbatnya habis Ismail dibuang kesemak oleh Hagar,opo Hagar tdk ditinju oleh Ismail mengingat Bibloe menjuluki Ismail sekuat keledai Liar.

hearpropheticvoice mengatakan...

Bangsa tertua di dunia adalah bangsa Israel, dengan catatan sejarah yang begitu sangat rinci mulai dari dunia diciptakan sampai dengan seluruh perjalanan sejarah bangsa Israel dr abaf ke abad. Tidak ada satu bangsa di dunia ini yang memiliki begitu rinci dan sebegitu lengkapnya, hanya bangsa Israel. Logikanya apa motif agama Yahudi yg memalsukan kitab nya sendiri. Bahkan silsilah dari Adam sampai nabi Isa pun tertulis dengan sebegitu lengkapnya tidak kurang 1 generasi pun. Come on! Apa alasan pemuka agama Yahudi memalsukan Kitab nya sendiri? Dalam 10 perintah Allah yg dijunjung tinggi mereka sampai saat ini. Ada hukum jangan bersaksi dusta. Agama Yahudi menjunjung tinggi 10 Perintah Allah, tdk mungkin ada 1 alasan logis pun yg membuat mereka memalsukan sejarah mereka sendiri. Yang ada juga yg mungkin memalsukan sejarah adalah pihak lain yg sesudahnya. Kitab sejarah pentakuk yg berisi cerita Abraham menjadi kitab suci sakral buat mereka , mustahil mereka memalsukannya.

khajis mumin mengatakan...

Bangsa yahudi atau bangsa israil merasa bangsa mereka lebih unggul dari bangsa2 yang lain,

Bondan Setiadji mengatakan...

Apa bukti jika Ibrahim membawa Ismail ke beer sheba?? Jelas2 kalau Ibrahim membawa Islamil ke Arab, lalu kejadian penyemblihan terjadi di sana, buktinya adalah keberadaan tempat kejadiannya di atas sebuah bukit di Mina yg ditandai oleh sebuah tugu sbg monumen. Selain itu keberadaan sumur Zam-zam menjadi bukti lainnya jika Ismail dan Hagar dibawa Ibrahim ke Arab, bukan beer sheba.. Apa bukti2 yg ada di beer sheba??? Jadi sudah jelassss jika Ismail adalah putera yg dijanjikan Allah kpd Abraham. Klo ngaco tu kira2 Boyyy.. Kalian itu sdh menjadi korban para penipu yahudi