Apakah Yesus Datang Hanya untuk Bangsa Israel ?

Polemikus muslim sering menyatakan bahwa Yesus datang hanya untuk bangsa Israel bukan untuk bangsa lain. Ayat berikut yang jadi dasar anggapan mereka tersebut.
Mat 15:24  Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."  
Bagaimana kita menyikapi hal ini?
Tanggapan:
Nestle GNT: ὁ δὲ ἀποκριθεὶς εἶπεν Οὐκ ἀπεστάλην εἰ μὴ εἰς τὰ πρόβατα τὰ ἀπολωλότα οἴκου Ἰσραήλ.
Nestle Translit: ho de apokritheis eipen Ouk apestalēn ei mē eis ta probata ta apolōlota oikou Israēl.
NIV: He answered, "I was sent only to the lost sheep of Israel."

Berikut ayat-ayat lengkap dalam Matius 15:21-28 (Ayat paralelnya Markus 7:24-30).
Mat 15:21  Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon.
Mat 15:22  Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita."
Mat 15:23  Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak."
Mat 15:24  Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."
Mat 15:25  Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku."
Mat 15:26  Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing."
Mat 15:27  Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya."
Mat 15:28  Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Konteks ayat ini tentang seorang perempuan Kanaan yang datang memohon kepada Yesus untuk kesembuhan anaknya yang sedang kerasukan setan. Perempuan ini berbangsa Siro-Fenesia yang berbahasa Yunani dan tinggal di daerah Kanaan. Jelas dia bukan bangsa Israel. Saat dia berteriak-teriak untuk memohon kesembuhan anaknya, Yesus menjawabnya dengan kalimat "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel...". Namun perempuan itu tetap memohon kesembuhan anaknya. Yesus kemudian menjawabnya kembali dengan kalimat metafora tentang roti yang diperuntukkan untuk anak-anak dan tidak patut diambil untuk diberikan kepada anjing, namun perempuan itu menjawab Yesus dengan mengatakan anjing itu makan dari remah-remah yang jatuh dari meja.

Penggunaan kalimat metafora tentang roti ini menjadi kunci untuk memahami ayat 24. Kata "anak-anak" merujuk pada bangsa Israel dan kata "anjing" merujuk pada bangsa di luar Israel (gentiles) sedangkan kata "roti" pada keselamatan. Mari kita cermati perkataan Yesus "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing". Ini bisa diartikan bahwa keselamatan & kasih karunia dari Yesus diperuntukkan bagi bangsa Israel dan tidak patut keselamatan itu dipindahkan atau diambil untuk bangsa lain. Namun bukan berarti bangsa lain tidak bisa mendapatkan keselamatan, tetapi yang dimaksud di sini bahwa bangsa Israel haruslah yang pertama mendapat keselamatan bukannya bangsa lain. Poin kunci terdapat pada ayat paralel dalam kitab Markus 7:27 yang tertulis "Biarlah anak-anak kenyang dahulu...". Ini menunjukkan bahwa roti itu diprioritaskan diberikan kepada anak-anak itu dulu sampai kenyang dan nanti ada saatnya setelah anak-anak kenyang, roti diberikan kepada anjing. Ini berarti bangsa Israel yang pertama menerima keselamatan selanjutnya keselamatan akan diberikan kepada bangsa lain.  

Selama pelayanan-Nya, Yesus fokus melayani bangsa Israel dan hal ini juga diingatkan kepada murid-murid-Nya saat pengutusan pertama agar tidak menyimpang ke bangsa lain.
Mat 10:5 Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria
Mat 10:6 melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.

Namun ada saat-saat tertentu Dia berinteraksi dengan bangsa lain, bahkan memberikan mujizat kesembuhan kepada mereka. Berikut contoh selain dari kisah perempuan Kanaan yaitu seorang perwira Romawi.
Mat 8:5  Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya:
Mat 8:6  "Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita."
Mat 8:7  Yesus berkata kepadanya: "Aku akan datang menyembuhkannya."
Mat 8:8  Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya: "Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.
Mat 8:9  Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya."
Mat 8:10  Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.

Pada waktu itu belum saatnya untuk keselamatan disampaikan kepada bangsa lain atau diilustrasikan bahwa roti masih diberikan untuk anak-anak. Namun perempuan Kanaan dan perwira Romawi ini mendapat pengecualian karena iman mereka sehingga mereka mendapat kasih karunia/keselamatan dari Yesus. Ini kemungkinan besar makna dari remah-remah roti yang jatuh dari meja. Roti atau keselamatan/kasih karunia belum saatnya diberikan namun mereka masih bisa mendapatkan remah-remahnya. Keselamatan itu nanti dinyatakan kepada bangsa-bangsa lain setelah Yesus selesai menyampaikan pemberitaan Injil kepada bangsa Israel atau setelah kematian/kebangkitanNya.
"...Jesus evidently knew that his mission was essentially directed toward the Jews and that after his death and vindication a worldwide mission to the Gentiles would take place.. after his resurrection, commanded his followers to move outward from Jerusalem to the nations for their salvation..". Green, Joel G.; McKnight, Scot; Marshall, I. Howard; editors, Dictionary of Jesus and the Gospels, (Downer’s Grove, IL: InterVarsity Press) 1998, c1992.

Perintah Yesus untuk murid-murid agar menyampaikan injil kepada semua bangsa dicatat dalam Injil Matius, Markus dan Lukas serta kitab Kisah Para Rasul.
Mat 28:19  Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
Mrk 16:15  Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
Luk 24:47  ...dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.
Kis 1:8  Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.

Dalam injil Yohanes, kita menemukan pengajaran Yesus tentang keselamatan bagi bangsa-bangsa lain.
Yoh 10:14  Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku
Yoh 10:15  sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku.
Yoh 10:16  Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

Yesus mengajarkan tentang Diri-Nya sebagai Gembala dan bangsa Israel sebagai domba-domba-Nya. Namun ada sebuah frase penting pada ayat 16 yaitu "domba-domba lain" yang menurut berbagai buku commentary diartikan sebagai bangsa non Israel (Gentiles).
"...other sheep I have ... not of this fold: them also I must bring — He means the perishing Gentiles, already His “sheep” in the love of His heart and the purpose of His grace to “bring them” in due time". Jamieson, Fausset and Brown Commmentary
"...others besides the lost sheep of the house of Israel, or the elect among the Jews, to whom Christ was sent; and by whom are meant the chosen of God among the Gentiles". John Gill's Exposition
"... The other sheep to which Jesus here refers must be Gentiles. But although there are different folds there is only one flock, as there is only one shepherd". Carson, D.A.; et al., The New Bible Commentary, (Downers Grove, Illinois: Inter-Varsity Press) 1994
"...The regathering of Israel in the end was one of the basic hopes of ancient Judaism, reflected in writings and prayers. But Jesus may here refer to the Gentiles". Keener, Craig S., IVP Bible Background Commentary: New Testament , (Downer’s Grove, IL: InterVarsity Press) 1997

Hal ini membantah anggapan bahwa keselamatan dari Yesus bukan untuk bangsa-bangsa lain selain bangsa Israel. Karena bangsa-bangsa lain juga adalah domba-domba dari Yesus Sang Gembala Agung. Yoh 1:29  Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

Sekarang kita lihat pengajaran para rasul, seperti dalam khotbah rasul Petrus.
Kis 3:25  Kamulah yang mewarisi nubuat-nubuat itu dan mendapat bagian dalam perjanjian yang telah diadakan Allah dengan nenek moyang kita, ketika Ia berfirman kepada Abraham: Oleh keturunanmu semua bangsa di muka bumi akan diberkati.
Kis 3:26  Dan bagi kamulah pertama-tama Allah membangkitkan Hamba-Nya dan mengutus-Nya kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu dengan memimpin kamu masing-masing kembali dari segala kejahatanmu.

Pada ayat 26, Petrus menyebutkan bahwa Allah pertama-tama mengutus hamba-Nya kepada bangsa Israel. Ini memang cocok dengan pernyataan Yesus bahwa Dia diutus hanya kepada bangsa Israel. Namun pada ayat sebelumnya Petrus merujuk pada Abraham bahwa melalui keturunannya semua bangsa diberkati.
Kej 12:3  Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.
Pertama-tama keselamatan itu diberikan kepada bangsa Israel dan berikutnya melalui bangsa ini keselamatan disampaikan kepada bangsa-bangsa lain. Pernyataan dari Petrus ini sinkron dengan pemahaman dari konteks Matius 15:24.

Hal yang sama dinyatakan oleh rasul Paulus bahwa orang Yahudi atau bangsa Israel adalah yang pertama menerima keselamatan dari Allah. Selanjutnya keselamatan disampaikan kepada bangsa-bangsa lain.
Roma 1:16 "Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.
Kis 28:28  Sebab itu kamu harus tahu, bahwa keselamatan yang dari pada Allah ini disampaikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan mendengarnya."

Selanjutnya mari kita lihat pengajaran Perjanjian Lama tentang nubuat kedatangan Sang Mesias. Dalam kitab Mazmur, dituliskan tentang tindakan Allah yang memperkenalkan keselamatan dari-Nya untuk semua bangsa.
Mzm 98:2  TUHAN telah memperkenalkan keselamatan yang dari pada-Nya, telah menyatakan keadilan-Nya di depan mata bangsa-bangsa.
Mzm 98:3  Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.
Bangsa Israel digunakan Allah agar melaluinya semua bangsa melihat keselamatan dari Allah.

Demikian juga dalam kitab Yesaya, disebutkan tentang Sang Mesias akan menjadi terang bagi bangsa-bangsa.
Yes 49:6  "Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hamba-Ku, untuk menegakkan suku-suku Yakub dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara. Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi.
Sang Mesias tidak hanya untuk suku-suku Yakub atau bangsa Israel namun Sang Mesias akan menjadi terang bagi bangsa-bangsa
Yes 42:1  Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.
Yes 42:6  "Aku ini, TUHAN, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan, telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan memberi engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa,

PENUTUP
Melalui pembahasan ini kita bisa menyimpulkan bahwa Yesus hanya diutus kepada bangsa Israel bermakna bahwa hanya bangsa Israel satu-satunya bangsa pilihan Allah untuk menerima utusan/Sang Mesias. Yesus Sang Mesias mengajar dan memilih para murid-Nya dari bangsa ini. Namun Yesus datang untuk semua bangsa untuk maksud penyelamatan Allah. Bangsa Israel menjadi sarana penyebaran keselamatan dan semua orang dari segala bangsa bisa menerima keselamatan dan hidup kekal itu asalkan percaya kepada Yesus.

Yoh 3:15  supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.
Yoh 3:16  Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal

Amin.

Notes: Untuk pembahasan penyebutan kata "anjing" silahkah lihat di artikel ini: Apakah Yesus Mengajarkan Rasisme?
Share:

7 komentar:

Ben Beniqno mengatakan...

Terima Kasih buat penulis kasih Yesus Menyertai Engkau dan Keluarga.

Kang Wahyu 71 mengatakan...

oh gitu ya, diibaratkan roti: Ini kemungkinan besar makna dari remah-remah roti yang jatuh dari meja. Roti atau keselamatan/kasih karunia belum saatnya diberikan namun mereka masih bisa mendapatkan remah-remahnya. gak masuk akal ya kalo roti habis ga ada remah2nya lalu selain bangsa israel dpt apanya????, baca injilmu pake akalmu telitilah kitabmu meyakinkan atau meragukan

nin gaya mengatakan...

Kitab suci, tertulis jelas sekali, koq bisa diartikan yang sebaliknya??? Yesus diutus hanya untuk domba sesat dari umat Israel. Berarti apa yg jelas diingkari. Ingkar arti kata kafir. Pantes!

njlajahweb mengatakan...

(Sekilas infoku) Saat kapanpun KeilahianYesusKristus juga RohKudus bisa disebut Allah, (hanya jika berdasarkan KualitasKeilahian)
Demikian juga saat kapanpun Yesus juga RohKudus bisa disebut Utusan, (hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal KualitasKeilahian.
14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
+++
16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
(Sebutan Tuhan sebenarnya tidak ditujukan pada Manusia Yesus, tapi pada KualitasAllah yang terkandung dalam KeilahianYesus)
---
5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."
+++
13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
===
Qs 11:37 Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.
Qs 21:29 Dan barangsiapa di antara mereka, mengatakan: "Sesungguhnya Aku adalah tuhan selain daripada Allah," maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahannam, demikian Kami memberikan pembalasan kepada orang-orang zalim
Qs 29:8 Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
Qs 70:40 Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.
---
3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

njlajahweb mengatakan...

28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
---
5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.
***
21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.
---
8:2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."
8:3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.
---
9:18 Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup."
9:19 Lalu Yesus pun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.
---
28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.
28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."
28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.
28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.
28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."
---
1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.
---
1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

Unknown mengatakan...

Awalny mencari org2 yg berhati tulus dan rendah hati dikalangan bangsa Israel , lalu diperluas lg k seluruh dunia.
Jika ada peringatan bencana atau berita sukacita,pasti pertama2 kita beritahukan kpd sanak saudara dulu, barulah kpd org lain.

Unknown mengatakan...

Yesus sdg bicara kpd wanita Kanaan ,rupanya wanita ini sgt beriman shg bisa memahami perumpamaan dr Yesus dan mnjawabny dg perumpamaan lg.