Debat Nubuatan Mesianik: Yesaya 53 "Hamba yang Menderita" (3)

Seperti yang telah disebutkan di bagian kedua, seorang netter Muslim (Jones) ikut melibatkan diri dalam diskusi antara saya vs Ben Zion (Yudaisme). Silahkan menyimak transcript debat berikut ini.

[Jones]
Saya lihat rekan-rekan Christians haus akan informasi PL tentang Jesus Christ yang memang tidak ada didalamnya. So, tidak aneh jika segala rupa kisah dalam PL mereka usahakan untuk bisa dikait-kaitkan dengan kehidupan Jesus menurut kehendak para pengarang gospel.

Isaiah 53:2 Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.
Isaiah 53:3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.

Apa benar Jesus tidak tampan?
Apa benar menurut gospel Jesus dihindari orang?

Mat. 20:29 Dan ketika Yesus dan murid-murid-Nya keluar dari Yerikho, orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia.
Mark 11:8 Banyak orang yang menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang menyebarkan ranting-ranting hijau yang mereka ambil dari ladang. 11:9 Orang-orang yang berjalan di depan dan mereka yang mengikuti dari belakang berseru: "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan

[Jimmy]
Isaiah 53:2 .... Ia TIDAK TAMPAN dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.
Isaiah 53:3 Ia dihina dan DIHINDARI orang, seorang yang PENUH KESENGSARAAN dan yang biasa MENDERITA KESAKITAN; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan
Isaiah 52:14 Seperti banyak orang akan tertegun melihat dia--BEGITU BURUK RUPANYA, bukan seperti manusia lagi, dan tampaknya bukan seperti anak manusia lagi-

Jelas kata tidak "tampan" (תּאר/tô'ar ) tidak harus diartikan secara literal tetapi metafora mengenai kondisi sang Mesias yang menyedihkan akibat penyiksaan. Dari deskripsi ayat-ayat ini terlihat lebih cocok berlaku pada INDIVIDUAL dan bukan COLLECTIVE INDIVIDUAL.

Apa benar menurut gospel Jesus dihindari orang? Pak Jones merefer pada ayat-ayat berikut ini:
Mat. 20:29 Dan ketika Yesus dan murid-murid-Nya keluar dari Yerikho, orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia.
Mark 11:8 Banyak orang yang menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang menyebarkan ranting-ranting hijau yang mereka ambil dari ladang.

Jelas tidak tepat! ... karena konteks Isaiah 53:2-3 adalah saat Sang Mesias mengalami penderitaan/penyiksaan, dan jika diterapkan pada Yesus, Dia dihindari orang & dihina saat menjalani penyiksaan!.... Mat 20:29, Mark 11:8-9 yang dikutip pak Jones terjadi sebelum peristiwa penyiksaan ini, malah orang-orang yang mengelu-elukan Yesus saat memasuki Yerusalem, umumnya berbalik meneriakan Salibkan Dia.

Mat 27:39 Orang-orang yang lewat di sana menghujat Dia dan sambil menggelengkan kepala,
Mat 27:41 Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama ahli-ahli Taurat dan tua-tua mengolok-olokkan Dia...
Mat 27:44 Bahkan penyamun-penyamun yang disalibkan bersama-sama dengan Dia mencela-Nya demikian juga

Sekarang bagaimana kalau pertanyaan model pak Jones ditujukan ke pak Ben Zion. Apakah benar bangsa Israel tidaktampan? Apakah benar bangsa Israel dihindari orang?

[Jones]
Isaiah 53:2
ויעל כיונק לפניו וכשרש מארץ ציה לא תאר לו ולא הדר ונראהו ולא מראה ונחמדהו׃
wayya‘al ka yowneq lefanayow wa ḵassores me eretṣ tziyah LO' TO`AR low walo` hadar wa nira`ehuw wa lo’-mara’eh wanechamadehuw
Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia TIDAK TAMPAN dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan penampakannya pun tidak, sehingga kita menginginkannya.

So, apa artinya dia tidak tampan dan semarak dipandang mata?? Anda mengatakan ayat itu tidak harus diartikan secara literal tapi anda ngotot singular pronoun disitu harus diartikan secara literal, so, mana yang bisa dipegang???

Saya mau tanya bagaimana kondisi kaum Jahudi di Jerman dijaman Nazi berkuasa, apakah mereka dipandang "tampan dan semarak" oleh masyarakat Jerman???

Jika Jesus dihindari orang, maka menurut cerita bible tidak ada yang berbondong-bondong mengikutinya, lalu cerita bible
Mark 11:9 Orang-orang yang berjalan di depan dan mereka yang mengikuti dari belakang berseru: "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan,
Luk. 9:14 Sebab di situ ada kira-kira lima ribu orang laki-laki. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Suruhlah mereka duduk berkelompok-kelompok, kira-kira lima puluh orang sekelompok."


Dianggap menghindari atau sebaliknya???
Apakah itu berarti menghindari Jesus? Apa ini bukan cerita yang kontradiksi? Jesus dielu-elukan dan dianggap nabi oleh orang banyak tapi mereka sendiri menyerukan untuk meyalibnya????
Matt 21:46 Dan mereka berusaha untuk menangkap Dia, tetapi mereka takut kepada orang banyak, karena orang banyak itu menganggap Dia nabi.

[Jimmy]

Kata "tidak tampan" (not handsome, no beauty, no form) di ayat itu jelas tidak diartikan secara literal/harfiah tetapi dalam pengertian metafora/figuratif yang menggambarkan kondisi yang menyedihkan. Penggunaan sebuah kata "figuratif" dalam sebuah kalimat tidakberarti kalimat itu seluruhnya harus diartikan secara figuratif?.

Iya boleh-boleh saja kata "tidak tampan" jika ditujukan ke Israel/Yahudi ditafsir seperti contoh anda, tetapi apakah orang Yahudi itu sedang menanggung dosa-dosa Nazi Jerman? Lihat ilustrasinya apakah masuk akal atau tidak?
Isa 53:4 "Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah (Nazi Jerman) yang ditanggungnya (Orang Yahudi), dan kesengsaraan kita (Nazi Jerman) yang dipikulnya.
Dan kemudian mendatangkan keselamatan & kesembuhan/pemulihan bagi Nazi Jerman
Isa 53:5 ..ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita (Nazi Jerman) ditimpakan kepadanya (orang Yahudi), dan oleh bilur-bilurnya kita (Nazi Jerman) menjadi sembuh.


[[[Jones: Jika Jesus dihindari orang, maka menurut cerita bible tidak ada yang berbondong-bondong mengikutinya, lalu cerita bible
Mark 11:9 Orang-orang yang berjalan di depan dan mereka yang mengikuti dari belakang berseru: "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan,
Luk. 9:14 Sebab di situ ada kira-kira lima ribu orang laki-laki. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Suruhlah mereka duduk berkelompok-kelompok, kira-kira lima puluh orang sekelompok."
Dianggap menghindari atau sebaliknya???]]]


Wah.. pak Jones, kan sudah dijelaskan, Yesus "dihindari" pada saat penyiksaannya bukan sebelumnya & ini sesuai dgn Isaiah 53:2-3.

(((Jimmy: Dia dihindari orang & dihina saat menjalani penyiksaan!.... Mat 20:29, Mark 11:8-9 yang dikutip pak Jones terjadi sebelum peristiwa penyiksaan ini, malah orang2 yang mengelu-elukan Yesus saat memasuki Yerusalem, umumnya berbalik meneriakan Salibkan Dia.)))
[[[Jones: Apakah itu berarti menghindari Jesus? Apa ini bukan cerita yang kontradiksi? Jesus dielu-elukan dan dianggap nabi oleh orang banyak tapi mereka sendiri menyerukan untuk meyalibnya]]]

Jelas ini bukan kontradiksi... tetapi fakta tentang banyak orang Yahudi.. yang tadinya mengelu-elukan Dia kemudian berbalik menentang dia. Mengapa mereka berbalik? ..bisa dibhs tersendiri... Silahkan lihat kembali ayat-ayat yang saya tunjukan sebelumnya berkaitan dgn kata "dihindari"..
Share:

Tidak ada komentar: