Yesus: Pencipta atau Ciptaan? Studi ayat Kol 1:15


Pertanyaan
Apakah Yesus ciptaan menurut Kolose 1:15?

Tanggapan
Kol 1:15 "Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan".
Pihak Unitarian & Saksi Yehuwah memahami kata "sulung" (prototokos) dalam arti urutan waktu penciptaan atau Yesus adalah ciptaan pertama. Jika kita melihat arti tekstual kata prototokos terdapat dua pengertian: harfiah (literal) dan figuratif (simbolis). Mereka memilih arti pertama yaitu arti literal.
Dalam Alkitab memang terdapat contoh-contoh penggunaan dua arti kata tersebtu. Arti literal, misalnya Yesus disebut anak sulung Maria (Luk 2:7) juga penyebutan tulah ke anak Sulung di Mesir. Namun prototokos juga memiliki arti figuratif, misalnya Allah menyebut Efraim sebagai anak Sulung (Yer 31:9b) padahal sebenarnya Efraim adalah anak bungsu adik dari Manasye(kej 48:14), juga Daud disebut sebagai anak Sulung (Maz 89:28) padahal ia adalah anak bungsu dari Isai.

Dari kedua arti kata Prototokos ini, manakah arti/makna yang tepat dalam Kol 1:15? kunci jawaban terletak pada KONTEKS. Arti kedua (figuratif) menunjuk pada makna KEUTAMAAN, Efraim walaupun bungsu tetapi dia lebih utama dari Manasye demikian pula Daud. Untuk itu mari kita melihat ayat berikut (ay 16).  "..karena di dalam Dialah (YESUS) telah diciptakan SEGALA SESUATU, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang KELIHATAN dan yang TIDAK KELIHATAN, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia..". Jelas dalam ayat ini dibedakan antara Yesus dengan Ciptaan (Segala Sesuatu), hal ini menunjukan Yesus adalah PENCIPTA. Sehingga makna yg tepat kata Prototokos adalah arti kedua (figuratif) yang bermakna KEUTAMAAN.

Konsep Saksi Yehuwa, Allah menciptakan Yesus kemudian Yesus menciptaan Alam semesta beserta isinya. Konsep ini juga bertentangan dengan makna ay.16. Jika Yesus adalah ciptaan maka kalimat " .. di dalam Dialah (Yesus) telah diciptakan SEGALA SESUATU" bisa berarti Yesus juga menciptakan dirinya sendiri. Disini bisa terlihat cara penafsiran mereka justru bertentangan dengan ALKITAB! itulah yang disebut EISEGESE, sudah ada konsep (Doktrin) dulu kemudian mencomot ayat-ayat Alkitab dan dipaksakan ditafsirkan sesuai dengan doktrin tersebut.

Sekarang perhatikan ayat berikut ini yang semakin mempertegas bahwa tafsiran Unitarian & Saksi Yehuwah mengada-ngada.  Yoh 1:3 "SEGALA SESUATU dijadikan oleh DIA (YESUS) dan tanpa DIA (YESUS) tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan". Dalam Perjanjian Lama, sangat jelas disebutkan Kej 1:1 "Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.". Nah.. karena Yesus yang menciptakan Alam semesta berarti Dia juga adalah Allah.

Konsep Allah menciptakan Yesus kemudian Yesus menciptakan alam semesta juga berarti Allah memiliki pendamping/perantara untuk menciptakan alam semesta. Hal ini bertentangan dengan ayat Alkitab lainnya yang sangat tegas menyatakan hanya Allah sendiri pencipta alam semesta. Yes 44:24 "Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, yang membentuk engkau sejak dari kandungan; "Akulah TUHAN, yang menjadikan SEGALA SESUATU, yang seorang diri membentangkan langit, yang menghamparkan bumi--siapakah yang MENDAMPINGI Aku?".

Share:

20 komentar:

Bang Jalee mengatakan...

Waduh ngaco anda pak Bro..
Yesus itu Utusan Tuhan, bukan pencipta ...
Pahami lagi bibelmu.. tarik persepsi dari segala arah termasuk tata bahasa yang dibuat-buat ini, malah akan semakin menyesatkan

kurnia tripratama mengatakan...

Yesus memang utusan, tetapi Ia tetap adalah Allah sendiri

Pengutusn seperti itu hanya untuk keteraturan saja dan itu biasa saja, gak ada persoalan bagi kami

Ada ayat yg menunjukkan
Bapa mengutus Anak, dan Bapa dan Anak mengutus Roh Kudus

Tetapi ini tidak berarti Bapa lebih tinggi dari Anak dan Bapa dan Anak lebih tinggi dari Roh Kudus , mereka bertiga setara

Tubagus Syamsuhaedi mengatakan...

Presiden, menteri, gubernur berarti setara dong...???

Tubagus Syamsuhaedi mengatakan...

Presiden, menteri, gubernur berarti setara dong...???

Novandy Nurrahman mengatakan...

Wah memang yesu* mengada ngada, mana ada tuhan yg dilahirkan, apalagi nama ibunya bunda rita.... Ehh salah mksdnya bunda maria, bregedel brekedel thats all thet all (dawin dessert) wkwkwkw

jj mora mengatakan...

Mohon dibenarkan mereka itu bukan setara,, tetapi satu seperti tertulis di alkitab Yoh 10:30, dan Zakir naik juga pernah berkata begitu

jj mora mengatakan...

Mohon dibenarkan mereka itu bukan setara,, tetapi satu seperti tertulis di alkitab Yoh 10:30, dan Zakir naik juga pernah berkata begitu

Ardyson Tanamal mengatakan...

Jika anda mengatakan Bapa tidak lebih tinggi dari Putera(Anak)
Silakan buka ayat Yohanes 14:28

Kalimat yang keluar dari Yesus sendiri.
Saya percaya akan Yesus sebagai guru yang mengajarkan kebenaran Bapa(Yehuwa) di bumi ini.

Ardyson Tanamal mengatakan...

Jika anda mengatakan Bapa tidak lebih tinggi dari Putera(Anak)
Silakan buka ayat Yohanes 14:28

Kalimat yang keluar dari Yesus sendiri.
Saya percaya akan Yesus sebagai guru yang mengajarkan kebenaran Bapa(Yehuwa) di bumi ini.

Raven ZoF mengatakan...

Saya masih Umur 12 Tahun,Di Alkitab ada Tertulis,Yesus Sudah Ada Sebelum Abraham,Di Alkitab Ada tertulis,Marilah Kita menjadikan Mereka Serupa Dengan Kita,Kita Lebih dari 1 Saja.Itu Adalah Allah Tritunggal,Dan Yesus Itu allah,,Yohanes 13 ,YESUS berkata,Memang Benar Akulah Gurumu Dan Tuhan Mu,Dan Yohanes 8,Ada tulisan Akulah Dia,Dia merujuk Kapada Bapa,Yaitu Allah,Dan Tidak ada seorang pun pergi kepada bapa Tanpa Melewati aku(Yesus)

njlajahweb mengatakan...

SekilasInfo Qs40:73 kemudian dikatakan kepada mereka: "Manakah berhala-berhala yang selalu kamu persekutukan,
74 (yang kamu sembah) selain Allah?" Mereka menjawab: "Mereka telah hilang lenyap dari kami, bahkan kami dahulu tiada pernah menyembah sesuatu". Seperti demikianlah Allah menyesatkan orang-orang kafir. 75 Yang demikian itu disebabkan karena kamu bersuka ria di muka bumi dengan tidak benar dan karena kamu selalu bersuka ria (dalam kemaksiatan). 76 (Dikatakan kepada mereka): "Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong".
Qs13:5 Dan jika (ada sesuatu) yang kamu herankan, maka yang patut mengherankan adalah ucapan mereka: "Apabila kami telah menjadi tanah, apakah kami sesungguhnya akan (dikembalikan) menjadi makhluk yang baru?" Orang-orang itulah yang kafir kepada Tuhannya; dan orang-orang itulah (yang dilekatkan) belenggu di lehernya; mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.
Qs9:68 Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.
Qs5:9(5:8) Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Qs5:3(5:2) Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian( mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.
Qs10:27 Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gelita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
Qs2:62 Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
Qs23:101 Apabila sangkakala ditiup maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu, dan tidak ada pula mereka saling bertanya. 102 Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat keberuntungan. 103 Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam.

njlajahweb mengatakan...

(Sekilas infoku) Saat kapanpun KeilahianYesusKristus juga RohKudus bisa disebut Allah, (hanya jika berdasarkan KualitasKeilahian)
Demikian juga saat kapanpun Yesus juga RohKudus bisa disebut Utusan, (hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal KualitasKeilahian.
14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
+++
16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
(Sebutan Tuhan sebenarnya tidak ditujukan pada Manusia Yesus, tapi pada KualitasAllah yang terkandung dalam KeilahianYesus)
---
5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."
+++
13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
===
Qs 11:37 Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.
Qs 21:29 Dan barangsiapa di antara mereka, mengatakan: "Sesungguhnya Aku adalah tuhan selain daripada Allah," maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahannam, demikian Kami memberikan pembalasan kepada orang-orang zalim
Qs 29:8 Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
Qs 70:40 Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.
---
3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

njlajahweb mengatakan...

28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
---
5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.
***
21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.
---
8:2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."
8:3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.
---
9:18 Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup."
9:19 Lalu Yesus pun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.
---
28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.
28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."
28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.
28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.
28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."
---
1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.
---
1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

Greitsan Tobing mengatakan...

Bacalah ayat berikut supaya kamu mengerti.
Amsal 8:22-36 (TB) TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala.
Sudah pada zaman purbakala aku dibentuk, pada mula pertama, sebelum bumi ada.
Sebelum air samudera raya ada, aku telah lahir, sebelum ada sumber-sumber yang sarat dengan air.
Sebelum gunung-gunung tertanam dan lebih dahulu dari pada bukit-bukit aku telah lahir;
sebelum Ia membuat bumi dengan padang-padangnya atau debu dataran yang pertama.
Ketika Ia mempersiapkan langit, aku di sana, ketika Ia menggaris kaki langit pada permukaan air samudera raya,
ketika Ia menetapkan awan-awan di atas, dan mata air samudera raya meluap dengan deras,
ketika Ia menentukan batas kepada laut, supaya air jangan melanggar titah-Nya, dan ketika Ia menetapkan dasar-dasar bumi,
aku ada serta-Nya sebagai anak kesayangan, setiap hari aku menjadi kesenangan-Nya, dan senantiasa bermain-main di hadapan-Nya;
aku bermain-main di atas muka bumi-Nya dan anak-anak manusia menjadi kesenanganku.
Oleh sebab itu, hai anak-anak, dengarkanlah aku, karena berbahagialah mereka yang memelihara jalan-jalanku.
Dengarkanlah didikan, maka kamu menjadi bijak; janganlah mengabaikannya.
Berbahagialah orang yang mendengarkan daku, yang setiap hari menunggu pada pintuku, yang menjaga tiang pintu gerbangku.
Karena siapa mendapatkan aku, mendapatkan hidup, dan TUHAN berkenan akan dia.
Tetapi siapa tidak mendapatkan aku, merugikan dirinya; semua orang yang membenci aku, mencintai maut."

Ebiet bro mengatakan...

wah berarti adam dan hawa ciptaan yesus???
duluan yesus lahir apa alam semesta yah , duluan yesus atau adam yah?

asal asalan mengatakan...

huahahaha....pikiran dan otaknya ngacau + dongo, masa tuhan pake kualitas...?
kata2 racun kristen:
hidup kekal
di jamah tuhan
suka cita
di tebus dosanya
wkwk..konyol, kata2nya terlalu di buat2

Diani Niwati mengatakan...

Mana ada Tuhan alam semesta dilahirkan dari rahim wanita? Kotor sekali berarti.

Allah ada sebelum kata 'ada' itu ada. Allah yang ada di awal dari semua permulaan, Allah pula yang ada di akhir.

Mana bisa Yesus menciptakan langit, bumi dan seisinya? Sementara Yesus hanya manusia biasa.
Bagaimana Yesus baru ada setelah Adam, manusia pertama yang Allah ciptakan.

Gimana bisa manusia biasa kalian sembah sebagai Tuhan?😱.

Janrico Renaldy mengatakan...

Sebelum berkomentar Allah itu ada berapa

Baiknya harus tau dulu:

1. Apa itu Firman Allah menurut Saksi Yehova atau ajaran tauhid lainnya
2. Sebagai apa Firman Allah Saksi Yehova atau ajaran tauhid lainnya
3. Firman Allah Pencipta atau ciptaan?

Ini pemahan dasar banget sebelum dogma/doktrin/ideologi keimanan

edith sukartono mengatakan...

Kalau mau diskusi, sepakati dulu pakai bahasa apa, bahasa indonesia baku atau bahasa indonesia suka suka..

Unknown mengatakan...

Pusing bro gk usah nyari yg pusing yg pasti aj