Yesus: Pencipta atau Ciptaan? Studi ayat Kol 1:15


Pertanyaan
Apakah Yesus ciptaan menurut Kolose 1:15?

Tanggapan
Kol 1:15 "Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan".
Pihak Unitarian & Saksi Yehuwah memahami kata "sulung" (prototokos) dalam arti urutan waktu penciptaan atau Yesus adalah ciptaan pertama. Jika kita melihat arti tekstual kata prototokos terdapat dua pengertian: harfiah (literal) dan figuratif (simbolis). Mereka memilih arti pertama yaitu arti literal.
Dalam Alkitab memang terdapat contoh-contoh penggunaan dua arti kata tersebtu. Arti literal, misalnya Yesus disebut anak sulung Maria (Luk 2:7) juga penyebutan tulah ke anak Sulung di Mesir. Namun prototokos juga memiliki arti figuratif, misalnya Allah menyebut Efraim sebagai anak Sulung (Yer 31:9b) padahal sebenarnya Efraim adalah anak bungsu adik dari Manasye(kej 48:14), juga Daud disebut sebagai anak Sulung (Maz 89:28) padahal ia adalah anak bungsu dari Isai.

Dari kedua arti kata Prototokos ini, manakah arti/makna yang tepat dalam Kol 1:15? kunci jawaban terletak pada KONTEKS. Arti kedua (figuratif) menunjuk pada makna KEUTAMAAN, Efraim walaupun bungsu tetapi dia lebih utama dari Manasye demikian pula Daud. Untuk itu mari kita melihat ayat berikut (ay 16).  "..karena di dalam Dialah (YESUS) telah diciptakan SEGALA SESUATU, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang KELIHATAN dan yang TIDAK KELIHATAN, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia..". Jelas dalam ayat ini dibedakan antara Yesus dengan Ciptaan (Segala Sesuatu), hal ini menunjukan Yesus adalah PENCIPTA. Sehingga makna yg tepat kata Prototokos adalah arti kedua (figuratif) yang bermakna KEUTAMAAN.

Konsep Saksi Yehuwa, Allah menciptakan Yesus kemudian Yesus menciptaan Alam semesta beserta isinya. Konsep ini juga bertentangan dengan makna ay.16. Jika Yesus adalah ciptaan maka kalimat " .. di dalam Dialah (Yesus) telah diciptakan SEGALA SESUATU" bisa berarti Yesus juga menciptakan dirinya sendiri. Disini bisa terlihat cara penafsiran mereka justru bertentangan dengan ALKITAB! itulah yang disebut EISEGESE, sudah ada konsep (Doktrin) dulu kemudian mencomot ayat-ayat Alkitab dan dipaksakan ditafsirkan sesuai dengan doktrin tersebut.

Sekarang perhatikan ayat berikut ini yang semakin mempertegas bahwa tafsiran Unitarian & Saksi Yehuwah mengada-ngada.  Yoh 1:3 "SEGALA SESUATU dijadikan oleh DIA (YESUS) dan tanpa DIA (YESUS) tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan". Dalam Perjanjian Lama, sangat jelas disebutkan Kej 1:1 "Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.". Nah.. karena Yesus yang menciptakan Alam semesta berarti Dia juga adalah Allah.

Konsep Allah menciptakan Yesus kemudian Yesus menciptakan alam semesta juga berarti Allah memiliki pendamping/perantara untuk menciptakan alam semesta. Hal ini bertentangan dengan ayat Alkitab lainnya yang sangat tegas menyatakan hanya Allah sendiri pencipta alam semesta. Yes 44:24 "Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, yang membentuk engkau sejak dari kandungan; "Akulah TUHAN, yang menjadikan SEGALA SESUATU, yang seorang diri membentangkan langit, yang menghamparkan bumi--siapakah yang MENDAMPINGI Aku?".

Share:

46 komentar:

Unknown mengatakan...

Waduh ngaco anda pak Bro..
Yesus itu Utusan Tuhan, bukan pencipta ...
Pahami lagi bibelmu.. tarik persepsi dari segala arah termasuk tata bahasa yang dibuat-buat ini, malah akan semakin menyesatkan

Unknown mengatakan...

Yesus memang utusan, tetapi Ia tetap adalah Allah sendiri

Pengutusn seperti itu hanya untuk keteraturan saja dan itu biasa saja, gak ada persoalan bagi kami

Ada ayat yg menunjukkan
Bapa mengutus Anak, dan Bapa dan Anak mengutus Roh Kudus

Tetapi ini tidak berarti Bapa lebih tinggi dari Anak dan Bapa dan Anak lebih tinggi dari Roh Kudus , mereka bertiga setara

Unknown mengatakan...

Presiden, menteri, gubernur berarti setara dong...???

Unknown mengatakan...

Presiden, menteri, gubernur berarti setara dong...???

Unknown mengatakan...

Wah memang yesu* mengada ngada, mana ada tuhan yg dilahirkan, apalagi nama ibunya bunda rita.... Ehh salah mksdnya bunda maria, bregedel brekedel thats all thet all (dawin dessert) wkwkwkw

Jesaya Marcel G mengatakan...

Mohon dibenarkan mereka itu bukan setara,, tetapi satu seperti tertulis di alkitab Yoh 10:30, dan Zakir naik juga pernah berkata begitu

Jesaya Marcel G mengatakan...

Mohon dibenarkan mereka itu bukan setara,, tetapi satu seperti tertulis di alkitab Yoh 10:30, dan Zakir naik juga pernah berkata begitu

Unknown mengatakan...

Jika anda mengatakan Bapa tidak lebih tinggi dari Putera(Anak)
Silakan buka ayat Yohanes 14:28

Kalimat yang keluar dari Yesus sendiri.
Saya percaya akan Yesus sebagai guru yang mengajarkan kebenaran Bapa(Yehuwa) di bumi ini.

Unknown mengatakan...

Jika anda mengatakan Bapa tidak lebih tinggi dari Putera(Anak)
Silakan buka ayat Yohanes 14:28

Kalimat yang keluar dari Yesus sendiri.
Saya percaya akan Yesus sebagai guru yang mengajarkan kebenaran Bapa(Yehuwa) di bumi ini.

Unknown mengatakan...

Saya masih Umur 12 Tahun,Di Alkitab ada Tertulis,Yesus Sudah Ada Sebelum Abraham,Di Alkitab Ada tertulis,Marilah Kita menjadikan Mereka Serupa Dengan Kita,Kita Lebih dari 1 Saja.Itu Adalah Allah Tritunggal,Dan Yesus Itu allah,,Yohanes 13 ,YESUS berkata,Memang Benar Akulah Gurumu Dan Tuhan Mu,Dan Yohanes 8,Ada tulisan Akulah Dia,Dia merujuk Kapada Bapa,Yaitu Allah,Dan Tidak ada seorang pun pergi kepada bapa Tanpa Melewati aku(Yesus)

njlajahweb mengatakan...

SekilasInfo Qs40:73 kemudian dikatakan kepada mereka: "Manakah berhala-berhala yang selalu kamu persekutukan,
74 (yang kamu sembah) selain Allah?" Mereka menjawab: "Mereka telah hilang lenyap dari kami, bahkan kami dahulu tiada pernah menyembah sesuatu". Seperti demikianlah Allah menyesatkan orang-orang kafir. 75 Yang demikian itu disebabkan karena kamu bersuka ria di muka bumi dengan tidak benar dan karena kamu selalu bersuka ria (dalam kemaksiatan). 76 (Dikatakan kepada mereka): "Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong".
Qs13:5 Dan jika (ada sesuatu) yang kamu herankan, maka yang patut mengherankan adalah ucapan mereka: "Apabila kami telah menjadi tanah, apakah kami sesungguhnya akan (dikembalikan) menjadi makhluk yang baru?" Orang-orang itulah yang kafir kepada Tuhannya; dan orang-orang itulah (yang dilekatkan) belenggu di lehernya; mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.
Qs9:68 Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.
Qs5:9(5:8) Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Qs5:3(5:2) Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian( mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.
Qs10:27 Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gelita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
Qs2:62 Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
Qs23:101 Apabila sangkakala ditiup maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu, dan tidak ada pula mereka saling bertanya. 102 Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat keberuntungan. 103 Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam.

Greitsan Tobing mengatakan...

Bacalah ayat berikut supaya kamu mengerti.
Amsal 8:22-36 (TB) TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala.
Sudah pada zaman purbakala aku dibentuk, pada mula pertama, sebelum bumi ada.
Sebelum air samudera raya ada, aku telah lahir, sebelum ada sumber-sumber yang sarat dengan air.
Sebelum gunung-gunung tertanam dan lebih dahulu dari pada bukit-bukit aku telah lahir;
sebelum Ia membuat bumi dengan padang-padangnya atau debu dataran yang pertama.
Ketika Ia mempersiapkan langit, aku di sana, ketika Ia menggaris kaki langit pada permukaan air samudera raya,
ketika Ia menetapkan awan-awan di atas, dan mata air samudera raya meluap dengan deras,
ketika Ia menentukan batas kepada laut, supaya air jangan melanggar titah-Nya, dan ketika Ia menetapkan dasar-dasar bumi,
aku ada serta-Nya sebagai anak kesayangan, setiap hari aku menjadi kesenangan-Nya, dan senantiasa bermain-main di hadapan-Nya;
aku bermain-main di atas muka bumi-Nya dan anak-anak manusia menjadi kesenanganku.
Oleh sebab itu, hai anak-anak, dengarkanlah aku, karena berbahagialah mereka yang memelihara jalan-jalanku.
Dengarkanlah didikan, maka kamu menjadi bijak; janganlah mengabaikannya.
Berbahagialah orang yang mendengarkan daku, yang setiap hari menunggu pada pintuku, yang menjaga tiang pintu gerbangku.
Karena siapa mendapatkan aku, mendapatkan hidup, dan TUHAN berkenan akan dia.
Tetapi siapa tidak mendapatkan aku, merugikan dirinya; semua orang yang membenci aku, mencintai maut."

Unknown mengatakan...

wah berarti adam dan hawa ciptaan yesus???
duluan yesus lahir apa alam semesta yah , duluan yesus atau adam yah?

Unknown mengatakan...

huahahaha....pikiran dan otaknya ngacau + dongo, masa tuhan pake kualitas...?
kata2 racun kristen:
hidup kekal
di jamah tuhan
suka cita
di tebus dosanya
wkwk..konyol, kata2nya terlalu di buat2

Unknown mengatakan...

Mana ada Tuhan alam semesta dilahirkan dari rahim wanita? Kotor sekali berarti.

Allah ada sebelum kata 'ada' itu ada. Allah yang ada di awal dari semua permulaan, Allah pula yang ada di akhir.

Mana bisa Yesus menciptakan langit, bumi dan seisinya? Sementara Yesus hanya manusia biasa.
Bagaimana Yesus baru ada setelah Adam, manusia pertama yang Allah ciptakan.

Gimana bisa manusia biasa kalian sembah sebagai Tuhan?😱.

Unknown mengatakan...

Sebelum berkomentar Allah itu ada berapa

Baiknya harus tau dulu:

1. Apa itu Firman Allah menurut Saksi Yehova atau ajaran tauhid lainnya
2. Sebagai apa Firman Allah Saksi Yehova atau ajaran tauhid lainnya
3. Firman Allah Pencipta atau ciptaan?

Ini pemahan dasar banget sebelum dogma/doktrin/ideologi keimanan

Unknown mengatakan...

Kalau mau diskusi, sepakati dulu pakai bahasa apa, bahasa indonesia baku atau bahasa indonesia suka suka..

Unknown mengatakan...

Pusing bro gk usah nyari yg pusing yg pasti aj

Yesaya mengatakan...

Kalau gak terima ngapain komen??? Situ Waras

Unknown mengatakan...

Mohon di pahamilah dengan kepala dingin para saudara saudari skalian ,yesus itu hanyalah ciptaan Allah SWT dan yesus juga tidak bisa menciptakan apapun sama sperti layaknya manusia hanya saja beliau di beri gelar oleh Allah SWT sebagai nabi (Isha AS), coba cermatilah dengan kepala dingin dan hati yang tenang, knp kita tidak menyembah sang pencipta yesus saja, bukankah itu titik utama dari tujuan mencintai tuhan, ketahuilah untuk para sahabat dan saudara ada kehidupan di alam ini dan tidak ada kehidupan di alam ahirat nanti untuk kaum cristian, sudah banyak tulisan tercatat dan sudah banyak kitab dan wahyu AL qur'an yang kalian baca, knp kalian tidak bisa memahami inti dari pembuktian itu smua, kembalilah kejalan yang benar selagi masih ada waktu menabung untuk alam kehidupan yang selanjutnya...
Terimakasih untuk para saudara yang mau membaca dan mencermati tulisan/ucapan ku ini, smga kita bisa bersama-sama menuju ke jalan yang benar dan di ridhoin oleh sang pencipta alam beserta isinya ini, mohon maaf bila ada
kata-kata yang kurang bisa di terima oleh hati para saudara ...
🙏🙏

Unknown mengatakan...

Allah itu satu, dan tidak di ciptakan oleh siapapun...

Unknown mengatakan...

Alloh itu esa tidak beranak dan tidak memperanakkan...klo alloh itu beranak berarti bukan alloh dong alias manusia...sadar lah wahai manusia...yang patut disembah adalah alloh swt yang maha kuasa diatas segala galanya..tidak ada persembahan untuk alloh swt sebagai penebus dosa atas kematian...yg ada penebus dosa untuk kita kepada alloh swt yaitu menyembah alloh swt dan meyakininya...dan nabi muhammad saw lah utusan alloh swt yg terakhir sampai akhirnya dunia...

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Top Elepen 2040 mengatakan...

Tiada Tuhan Selain ALLAH SWT

Barang siapa yang menduakan Allah SWT adalah termasuk golongan orang yang musyrik
“seandanya mereka melakukan syirik,niscaya lenyaplah dari mereka (perbuata baik) yang tel;ah mereka kerjakan “[QS:Al-Anaam 5:88]

“tidak pantas orang-orang musyrik itu memakmurkan masjid-masjid Allah padahal mereka sendiri mengakui bahwa mereka sendiri kafir. Itulah orang-orang yang lenyap perbuatanya (yang baik ) dan mereka kekal di dalam neraka” [QS:At-Taubah 9:17]

Orang-orang yang mati dalam keadaan syirik akbar ini, ia tidak akan mendapatkan ampunan Allah dan haram baginya masuk syurga sebagaimana Firman Allah yang artinya:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan dia mengampuni dosa selain dari sirik itu,bagi siapa yang di kehendaki-Nya” [QS: An- Nisaa 4:48]

“sesungguhnya orang yang mempersekutukan Allah maka pasti Allah mengharamkan kepadanya syurga dan tempatnya di neraka. Tidak ada bagi orang-orang dzalim seorang penolongmu” [QS:Al-Maidah 5:72]

Unknown mengatakan...

Betul mamamnk

Rapcoon mengatakan...

anda tidak boleh mempermainkan agama dong, kalau memang tidak percaya yasudah gapapa masuk neraka aja, anda sendiri membuktikan kalau agama anda tidak layak untuk diikuti orang yang ngikutin agamanya aja begini

Jangan Salah Milih Tuhan mengatakan...

Pernyataan Yesus adalah Allah hanyalah asumsi para pendeta dan umat kristen saja karena tidak ada satupun ayat dlm semua versi Bibel/Injil yg berisi pengakuan Yesus sendiri bahwa dia adalah Tuhan yg maha esa.
Pernyataan anda dlm kitab Yoh 1:3 "SEGALA SESUATU dijadikan oleh DIA (YESUS) dan tanpa DIA (YESUS) tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan" bertentangan dengan Perjanjian lama yg disebutkan Kej 1:1 "Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi." Juga Hal ini bertentangan dengan ayat Alkitab lainnya yang sangat tegas menyatakan hanya Allah sendiri pencipta alam semesta. Yes 44:24 "Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, yang membentuk engkau sejak dari kandungan; "Akulah TUHAN, yang menjadikan SEGALA SESUATU, yang seorang diri membentangkan langit, yang menghamparkan bumi--siapakah yang MENDAMPINGI Aku?",(karena Yesus juga dilahirkan). Yg juga melemahkan doktrin Trinitas versi Yohanes yg mengatakan Tuhan itu tiga sosok yg berbeda dlm satu (Tritunggal) dan Doktrin ketuhanan Yesus juga gugur dgn kutipan injil Markus 15:34 Eloi, Eloi, lamma sabachthani dan Matius 27:46 Eli, Eli, lama sabachthani.
dan pernyataan Yohanes jg bertentangan satu dg lainnya spt Yoh 17:3 "Inilah hidup sejati dan kekal; supaya orang mengenal Bapa, satu-satunya Elohim yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang diutus oleh Bapa". Disitu jelas dikatakan bahwa Yesus hanyalah seorang Utusan bukan Tuhan.

Lucu sekali...!!!
Makin banyak argumen2 pendukung yg TS tampilkan, maka maikn banyak pula muncul pertentangan2 ayat satu dengan lainnya. Percuma TS memberikan tafsiran2 TS serdiri yang malah tafsirannya keluar Konteks, dan menimbulkan banyak tafsiran dan pertentangan2 baru! So Buat apa kita mengimani alkitab yang isinya banyak terjadi pertentangan!?

Bagaimana anda menjawab testimoni seorang Bart D Ehrman PHd seorang sarjana Alkitab Ahli Sejarah Perjanjian Baru?
Beserta Debat2 nya dgn sarjana kristen lainnya seperti dibawah ini:
https://www.youtube.com/watch?v=_L8ewIJBFa8
https://www.youtube.com/watch?v=MsVWFS9r9DY
https://www.youtube.com/watch?v=GzjYmpwbHEA
https://www.youtube.com/watch?v=6JU9J0XVlzQ
https://www.youtube.com/watch?v=Qd7Lanms-gY
https://www.youtube.com/watch?v=qP7RrCfDkO4

silahkan jaab dewngan ilmiah bukan tafsiran atau ngeles!

Jangan Salah Milih Tuhan mengatakan...

Lucu sekali...!!!
Makin banyak argumen2 pendukung yg TS tampilkan, maka maikn banyak pula muncul pertentangan2 ayat satu dengan lainnya. Percuma TS memberikan tafsiran2 TS serdiri yang malah tafsirannya keluar Konteks, dan menimbulkan banyak tafsiran dan pertentangan2 baru! So Buat apa kita mengimani alkitab yang isinya banyak terjadi pertentangan!?

Bagaimana anda menjawab testimoni seorang Bart D Ehrman PHd seorang sarjana Alkitab Ahli Sejarah Perjanjian Baru?
Beserta Debat2 nya dgn sarjana kristen lainnya seperti dibawah ini:
https://www.youtube.com/watch?v=_L8ewIJBFa8
https://www.youtube.com/watch?v=MsVWFS9r9DY
https://www.youtube.com/watch?v=GzjYmpwbHEA
https://www.youtube.com/watch?v=6JU9J0XVlzQ
https://www.youtube.com/watch?v=Qd7Lanms-gY
https://www.youtube.com/watch?v=qP7RrCfDkO4

silahkan jaab dewngan ilmiah bukan tafsiran atau ngeles!

prast mengatakan...

ﻟَﻜُﻢْ ﺩِﻳْﻨُﻜُﻢْ ﻭَﻟِﻲَ ﺩِﻳْﻦ

Unnamed mengatakan...

What...???...
Manalah ada manusia yg terlahir dari rahim dan kemaluan perempuan mengaku seorang pencipta alam semesta..🤦‍♀️
Sama sekalu Tak faham saya dengan doktrin ini..🙄

Unnamed mengatakan...

Wkwkwkwk...😛😂🤣

Unnamed mengatakan...

Wkwkwk...😂🤣😅🤦‍♀️

Unnamed mengatakan...

That true..👍

Alami 69 mengatakan...

Allah Bapa... Yesus putra Bapa... diciptakan dan dilahirkan seorang manusia... dari roh ciptaan Allah Tuhan Maha Pencipta dan Yang Esa. Jadi Yesus itu makhluk ciptaan Allah sebagaimana ciptaan Allah lainnya tetapi diberi kelebihan dan derajat lebih tinggi sbg Nabi dan Rasul. Yesus yg diciptakan disebut sebagai Tuhan??

Csdheru76 mengatakan...

Masya Allah 👍

Unknown mengatakan...

ISA AS. MENGETAHUI HARI KIAMAT DAN ISA AS. ADALAH JALAN YANG LURUS
"Ihdinash shiraathal mustaqiim".
"Tuhan, tunjukkanlah kami jalan yang lurus" (Qs. Al Faatihah 6).
"Wa innahuu la'ilmul lis saa'ati fa laa tamtarunna bihaa wat tabi'uuni hadzaa shiraatum mustaqiim".
"Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat, karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutlah aku itulah jalan yang lurus" (Qs. 43 Az Zukhruuf 61).....keraguan kalian jawabannual ada di kitab kalian sendiri.Mau omong buat semua Segala macam bapa sj.Lihat.. pada akhirnya, Tuhan Yesus,yg dibutuhkan.kenapa waktu abis buat macam2..

Unknown mengatakan...

Lu salah bro
Yesus bukan utusan Tuhan
Yesus yg mengutus dirinya sendiri sebab dia adalah pencipta .dan harus mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia..
Kalo manusia jadi Allah nggak mungkin,tapi kalo Allah jdi manusia itu kecil.

Unknown mengatakan...

Bukan mempersekutukan mazehh
Yesus itu adlah allah itu sendiri🤣🤣🤣

Unknown mengatakan...

Aduh dek,,yesus itu 100%manusia
100%Tuhan makanya sekolah

Unknown mengatakan...

Menyesatkan?..hei pak didalam kristen sudah ada janji keselamatan yang berasal dari Yesus sedangkan di agamamu cuma adanya Azab🤣

Unknown mengatakan...

Bagi tuhan semua bisa apa yang mustahil sihhh? Makanya jangan sesat

Unknown mengatakan...

WOI WARGA BUMI GUE MAU NANYA EMANGNYA KONSEP TENTANG TUHAN BISA DIJELASIN DENGAN AKAL MANUSIA?...GAK KAN? EMANGNYA MUSTAHIL TUHAN LAHIR DARI RAHIM MANUSIA?.. INGAT INJIL DAN TAURAT SUDAH ADA SEBELUM ISL4M KALIAN GAK BISA BANTAH INJIL DAN TAURAT

Unknown mengatakan...

Yudas 1:4 (TB) Sebab ternyata ada orang tertentu yang telah masuk menyelusup di tengah-tengah kamu, yaitu orang-orang yang telah lama ditentukan untuk dihukum. Mereka adalah orang-orang yang fasik, yang menyalahgunakan kasih karunia Allah kita untuk melampiaskan hawa nafsu mereka, dan yang menyangkal satu-satunya Penguasa dan Tuhan kita, Yesus Kristus.

yahya mengatakan...

Ya, azab untuk orang2 KAFIR, coba baca di MATIUS 21:11, disitu org GALILEA yg prnh hdp dengan Yesus menyebutnya nabi YESUS, miris nya UMAT TERJEMAHAN ini menuhankan YESUS. Sedangkan org yg prnh hidupnya bareng sama Yesus menyebut nya Nabi YESUS, GOBLOK nya Kristen ini malah MENUHANKAN 🤣🤣🤣

yahya mengatakan...

KRISTEN Indonesia ini tidak tau diri, ngaca diri dunk, Kalau kalian itu awalnya tuhan nya THEOS, datang ke Indonesia jdi Allah, kalian itu awalnya kitab nya GOSPEL datang ke Indonesia jadi Alkitab, gak tau diri banget kan comot comot agama Islam, comot comot pula dari YAHUDI kalian itu, YHWH itu sebutan org YAHUDI kpd Tuhan nya, knp kalian maling juga dari kata YHWH dari YAHUDI, sampah kalian 🤮🤮🤮