Apa Urgensinya Tuhan memerlukan Keledai?

Pertanyaan
Luk 19:30  dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu: Pada waktu kamu masuk di situ, kamu akan mendapati seekor keledai muda tertambat, yang belum pernah ditunggangi orang. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah ke mari. 
Luk 19:31  Dan jika ada orang bertanya kepadamu: Mengapa kamu melepaskannya? jawablah begini: Tuhan memerlukannya."

Keledai di Betfage itu konon 'katanya' cuma dipinjam tapi kok tidak ada ceritanya dikembalikan. Apa penulisnya lupa mnceritakannya?

Yesus bukan Tuhan maka itu diceritakan mengambil keledai orang, karena tidak mampu menciptakan keledai. Para pengarangnya membuat cerita Yesus naik keledai supaya bisa dicocok-cocokkan dengan cerita PL yang dianggap nubuatan.


Tanggapan
Banyak detail yang tidak ada dalam narasi Keledai yang akan ditunggangi Yesus. Namun ketidakadaan beberapa detail misalnya narasi pengembalian Keledai ke pemiliknya dan lain-lain, tidak bisa serta merta dianggap bahwa Keledai itu tidak dikembalikan. Tuduhan ini adalah salah satu logical fallacy yaitu argumentum of silence.

Peristiwa ini merupakan penggenapan nubuatan dalam PL.
Zak 9:9 Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda. 

Apakah penulis Injil membuat cerita tentang  Keledai ini dengan mengaitkannya dengan nubuat tersebut? 
Untuk menjawab detail tuduhan ini perlu pembahasan sendiri berkaitan dengan historitas Injil. Namun perlu diingat ada begitu banyak penggenapan nubuatan-nubuatan dalam PL yang tercatat dalam Injil. Beberapa kisah faktualnya dikoroborasi oleh berbagai catatan eksternal seperti detail dalam peristiwa kematian/penyaliban Yesus dan lain-lain. Jika kita mengkaji secara komprehensif maka begitu kuat pointnya bahwa kisah tentang Keledai itu tidak dikarang-karang atau dicocok-cocokan dengan ayat-ayat dalam PL.

Apakah Yesus sengaja menyuruh murid "mencari" Keledai itu agar nubuatan tergenapi?
Jawabannya yah, karena memang Yesus adalah Sang Mesias yang datang menggenapi berbagai nubuatan dalam PL. Namun penggenapannya jelas melibatkan intervensi ilahi, karena nubuatan-nubuatan tertentu tidak mungkin digenapi hanya sekedar manusia biasa yang mencoba mengaitkanya dengan ayat-ayat tertentu dalam PL, seperti nubuatan tentang kelahiran, kematian/penyalibanNya dan sebagainya.

Jika Yesus Tuhan mengapa Dia tidak menciptakan Keledai?
Yesus bisa saja menciptakan Keledai, tetapi kita tentu tidak bisa mendikte sebuah detail peristiwa harus sesuai dengan keinginan kita. Peristiwa Yesus memberi makan lima ribu orang, Dia tidak menciptakan roti & ikan dari tidak ada, melainkan dari 5 roti & 2 ikan yang kemudian menjadi banyak, namun bukan berarti Yesus tidak bisa menciptakan dari tidak ada (creation ex nihilo).

Apa urgensinya Yesus memilih Keledai?
Dari konteksnya Yesus sedang menuju Yerusalem dan mendapat sambutan dari orang-orang yang menganggap Yesus adalah Sang Raja dengan membentangkan pakaian mereka di tanah yang akan dilalui Yesus. Dalam konsep pemikiran mereka Yesus adalah sang pembebas dari penjajahan Romawi.
2 Raj 9:13 Segeralah mereka masing-masing mengambil pakaiannya dan membentangkannya di hadapan kakinya begitu saja di atas tangga, kemudian mereka meniup sangkakala serta berseru: "Yehu raja!" 

Namun aspek kerajaan Yesus bukanlah dalam sense literal sebagai raja duniawi atau pemimpin militer tetapi dalam sense raja sorgawi. Sehingga Yesus menggunakan Keledai yang melambangkan raja kedamaian.

"..Officials used donkeys for civil, not military, processions (1 Kings 1:38). Thus this text is not a triumphal entry in the sense of Roman triumphal processions; it is Jerusalem’s reception of a meek and peaceful king". Keener, Craig S., IVP Bible Background Commentary: New Testament , (Downer’s Grove, IL: InterVarsity Press) 1997.

1 Raj 1:38 Lalu pergilah imam Zadok, nabi Natan dan Benaya bin Yoyada, dengan orang Kreti dan orang Pleti, mereka menaikkan Salomo ke atas bagal betina raja Daud dan membawanya ke Gihon. 

“... was an appropriate mount for one who came on a mission of peace” (Haggai, Zechariah, Malachi — Tyndale Old Testament Commentaries, Downers Grove, IL: InterVarsity, 1972)

Berbeda dengan Kuda yang lebih identik dengan simbol peperangan.
Yes 31:1 Celakalah orang-orang yang pergi ke Mesir minta pertolongan, yang mengandalkan kuda-kuda, yang percaya kepada keretanya yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya, tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tidak mencari TUHAN. 

Mik 5:10 (5-9) Maka akan terjadi pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan melenyapkan kudamu dari tengah-tengahmu dan akan membinasakan keretamu. 

So.. jelaslah urgensi "Keledai" dalam kisah ini.
Share:

2 komentar:

Anonim mengatakan...

waduuh sangking menggebu-gebunya sampai salah nulis. nih tulisanmu:
So.. jelaslah urgensi "Kedelai" dalam kisah ini.

Kedelai atau Keledai

Admin mengatakan...

Teksnya sdh diperbaiki, thanks atas koreksinya :-)