Siapakah para Majus?

Mat 2:1-2 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."

Beberapa scholar merujuk ke pemimpin cultic misalnya menyebut mereka sebagai pendeta Zoroastrian berdasarkan keterangan dari Herodotus “…Extrabiblical evidence offers various clues that shed light on the place of origin and positions held by the “wise men” of Matthew 2. The historian Herodotus mentions “magi” as a priestly caste of Media, or Persia, and, as the religion in Persia at the time was Zoroastrinism, Herodotus’ magi were probably Zoroastrian priests.." .
Elwell, W. A., & Beitzel, B. J. (1988). Baker encyclopedia of the Bible. Map on lining papers. (2153). Grand Rapids, Mich.: Baker Book House

Pendapat lain merujuk pada sebuah wisdom movement dan para majus bagian dari gerakan tersebut. “..wise men, sages who appear in the biblical traditions within the context of an international wisdom movement (on Egyptian, Persian, and Babylonian wise men, see Gen. 41:8; Esther 1:13; Dan. 2:12); the term applies also to the Magi in the infancy narrative of Matt. 2:1-18..” ..
Achtemeier, P. J., Harper & Row, P., & Society of Biblical Literature. (1985). Harper's Bible dictionary. Includes index. (1st ed.) (1137). San Francisco: Harper & Row

Dalam Alkitab juga disebut para orang bijaksana “… lalu disuruhnyalah (oleh Firaun) memanggil semua ahli dan semua orang berilmu di Mesir.." (Kej 41:8) dan “Maka bertanyalah raja (Ahasyweros) kepada orang-orang arif bijaksana, orang-orang yang mengetahui kebiasaan zaman-.” (Est 1:13).

Jika kita membandingkan kedua pendapat ini, sepertinya pendapat kedua yang lebih kuat yaitu merujuk pada orang-orang bijaksana di Timur khususnya Persia & Babilonia dan tidak terkait dengan ritual cultic karena tidak ada petunjuk apapun dalam injil Matius yang mengindikasikan mereka adalah imam Zoroastrian.
Share:

Tidak ada komentar: