Apakah Yesus hamba sekaligus Tuhan? (Yesaya 53:11)


Yesaya 53:11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.
Apakah Yesus hamba sekaligus Tuhan ?

Tanggapan
Yesus memiliki natur/hakekat sebagai Allah dan sebagai manusia. Yesus juga memiliki banyak peran/status sebagai hamba, imam, nabi, raja, gembala, penebus, juruselamat dan sebagainya. Profil mesias dalam PL mencakup banyak peran/status & semuanya tergenapi pada satu pribadi saja yaitu Yesus.


Pengenalan orang Yahudi atas sosok Mesias dapat terlihat dari cara mereka memahami ayat-ayat PL melalui berbagai literatur kuno Yahudi seperti Septuagint/LXX terjemahan Greek dari hebrew text (proto masoret), Jewish apokriph, Jewish Pseudepigrapha, dokumen-dokumen Dead Sea Scroll, tulisan Joshepus/Philo, Targum & berbagai literatur rabinik. Dan semuanya mengarah pada pribadi Yesus.

Peran/status sebagai hamba, nabi, imam berasosiasi dengan natur/hakekat Dia sebagai manusia, demikian pula peran sebagai raja (spiritual king), gembala, penebus, juruselamat berasosiasi dengan natur/hakekat Dia sebagai Allah.

Salah satu contoh peran/status yang hanya milik TUHAN dan Yesuspun memiliki status seperti itu. Yesus dan TUHAN adalah gembala. Yoh 10:11 Akulah gembala yang baik.... Maz 23:1 ..TUHAN adalah gembalaku... Yesus berperan sebagai "hamba" terasoasi dengan naturnya sebagai manusia, tanpa harus mengurangi natur/hakekatnya sebagai Allah.

Mari kita lihat kembali ayat pembahasan kita.
Yes 53:11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul
Sang Mesias yang disebut sebagai "hamba-Ku" adalah peran yang sedang dijalankan utk "membenarkan" banyak orang & memikul/menanggung "kejahatan" manusia. Pembenaran ini terjadi karena dia telah menanggung dosa manusia menjadi korban penebus salah.
Yes 53:10 ...ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah..
Yes 53:6 ...TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian. 

Peran ini dijalankan Sang Mesias untuk misi penyelamatan manusia.
Yes 49:6 "Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hamba-Ku, untuk menegakkan suku-suku Yakub dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara. Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."
Keselamatan itu dari Allah & Yesus sang Mesias yang melaksanakannya. TUHAN adalah juruselamat & Yesuspun juga adalah sang juruselamat.
Luk 2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud
Yes 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku

Uraian ini tergambarkan secara utuh dalam sebuah hymne jemaat mula-mula dalam surat Filipi.
Fil 2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, 
Fil 2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. 
Fil 2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
Share:

14 komentar:

Anonim mengatakan...

permainan kata-kata yang lihai.
hamba sekaligus tuhan, tuhan sekaligus hamba, itu hanyalah pembenaran yang terlalu dipaksakan. mustahil dalam diri seseorang bisa hamba sekaligus tuhan. masa tuhan harus menjadi hamba untuk bisa menyelamatkan manusia. apakah kasih sayang tuhan baru bisa diwujudkan hanya setelah dia jadi hamba terlebih dulu?

Anonim mengatakan...

Lucunya fitnahan dari kaum Antikris

bikin statement **mustahil dalam diri seseorang bisa hamba sekaligus tuhan. ** Apa anda sudah sempurna seperti Yesus sehingga berkesimpulan mustahil tak bisa?

Narrated Said bin Al-Musaiyab:
Abu Huraira said, "The Prophet said, 'No child is born but that, Satan touches it when it is born where upon it starts crying loudly because of being touched by Satan, except Mary and her Son.

Tak ada bayi yg dilahirkan yg tidak disentuh Setan saat ia dilahirkan dikala ia mulai menangis keras krn disentuh Setan, kecuali Maria dan putranya Yesus.
(Hadits Sahih Bukhari)

statement ***masa tuhan harus menjadi hamba untuk bisa menyelamatkan manusia.***

Masa Allah harus ciptakan hadits supaya bisa mengerti quran ?

Jawaban bagi kedua pertanyaan di atas: hanya Allah yg tahu.

Masa mau mendikte cara Allah berpikir?

statement***kasih sayang tuhan baru bisa diwujudkan hanya setelah dia jadi hamba terlebih dulu?***

Apakah tanda kasih sayang Allah swt diwujudkan dengan membantai anak kecil tak berdosa oleh nabi Khdir seperti cerita dlm quran?

Mana yg lebih masuk akal ?

xucinxgaronx mengatakan...

@
Lucunya fitnahan dari kaum Antikris

>>>>>>bukankah antikris adalah berasal dari kristen ??

1 Yohanes 2:18-19
2:18 Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang “ANTIKRISTUS” akan datang, sekarang telah bangkit banyak “ANTIKRISTUS”. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.

2:19 Memang “MEREKA BERASAL DARI ANTARA KITA”, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita

=======

xucinxgaronx mengatakan...

@
Apa anda sudah sempurna seperti Yesus sehingga berkesimpulan mustahil tak bisa?

>>>>>>>
Yesus sendiri yang menyatakan hamba tak mungkin bisa sama dengan tuannya

Mat 10:24 Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, atau seorang hamba dari pada tuannya.

=======

xucinxgaronx mengatakan...

@
Tak ada bayi yg dilahirkan yg tidak disentuh Setan saat ia dilahirkan dikala ia mulai menangis keras krn disentuh Setan, kecuali Maria dan putranya Yesus.
(Hadits Sahih Bukhari)

>>>>>>>
Hadis tersebut tak menyatakan bahwa Nabi Isa adalah Tuhan .... dari keterangan di atas artinya Isa tidak menangis sebagaimana bayi bayi yang baru dilahirkan akibat disentuh setan

xucinxgaronx mengatakan...

@
Masa Allah harus ciptakan hadits supaya bisa mengerti quran ?

>>>>>>>

Hadis adalah catatan (biografi) perbuatan dan kata kata Muhammad ... sama levelnya dengan kitab kitab Matius, Markus, Lukas dan Yohanes yang menceritakan biografi Yesus

bedanya kalau biografi Yesus karangan matius, markus, Lukas dan Yohanes itu dijadikan kitab suci kristen ... sementara kitab hadist bukanlah kitab suci yang sejajar dengan Al Qur'an

xucinxgaronx mengatakan...

@
Apakah tanda kasih sayang Allah swt diwujudkan dengan membantai anak kecil tak berdosa oleh nabi Khdir seperti cerita dlm quran?

>>>>>>> baca kisahnya secara lengkap ..... surah QAHFI

65. Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami
66. Musa berkata kepada Khidhr: "Bolehkah aku mengikutimu supaya kamu mengajarkan kepadaku ilmu yang benar di antara ilmu-ilmu yang telah diajarkan kepadamu?"
67. Dia menjawab: "Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak akan sanggup sabar bersama aku.
68. Dan bagaimana kamu dapat sabar atas sesuatu, yang kamu belum mempunyai pengetahuan yang cukup tentang hal itu?"
69. Musa berkata: "Insya Allah kamu akan mendapati aku sebagai orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam sesuatu urusanpun".
70. Dia berkata: "Jika kamu mengikutiku, Maka janganlah kamu menanyakan kepadaku tentang sesuatu apapun, sampai aku sendiri menerangkannya kepadamu".
71. Maka berjalanlah keduanya, hingga tatkala keduanya menaiki perahu lalu Khidhr melobanginya. Musa berkata: "Mengapa kamu melobangi perahu itu akibatnya kamu menenggelamkan penumpangnya?" Sesungguhnya kamu telah berbuat sesuatu kesalahan yang besar.
72. Dia (Khidhr) berkata: "Bukankah aku telah berkata: "Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak akan sabar bersama dengan aku".
73. Musa berkata: "Janganlah kamu menghukum aku karena kelupaanku dan janganlah kamu membebani aku dengan sesuatu kesulitan dalam urusanku".
74. Maka berjalanlah keduanya; hingga tatkala keduanya berjumpa dengan seorang anak, Maka Khidhr membunuhnya. Musa berkata: "Mengapa kamu membunuh jiwa yang bersih, bukan karena Dia membunuh orang lain? Sesungguhnya kamu telah melakukan suatu yang mungkar".
75. Khidhr berkata: "Bukankah sudah kukatakan kepadamu, bahwa Sesungguhnya kamu tidak akan dapat sabar bersamaku?"
76. Musa berkata: "Jika aku bertanya kepadamu tentang sesuatu sesudah (kali) ini, Maka janganlah kamu memperbolehkan aku menyertaimu, Sesungguhnya kamu sudah cukup memberikan uzur padaku".
77. Maka keduanya berjalan; hingga tatkala keduanya sampai kepada penduduk suatu negeri, mereka minta dijamu kepada penduduk negeri itu, tetapi penduduk negeri itu tidak mau menjamu mereka, kemudian keduanya mendapatkan dalam negeri itu dinding rumah yang hampir roboh, Maka Khidhr menegakkan dinding itu. Musa berkata: "Jikalau kamu mau, niscaya kamu mengambil upah untuk itu".
78. Khidhr berkata: "Inilah perpisahan antara aku dengan kamu; kelak akan kuberitahukan kepadamu tujuan perbuatan-perbuatan yang kamu tidak dapat sabar terhadapnya.
79. Adapun bahtera itu adalah kepunyaan orang-orang miskin yang bekerja di laut, dan aku bertujuan merusakkan bahtera itu, karena di hadapan mereka ada seorang raja yang merampas tiap-tiap bahtera.
80. Dan Adapun anak muda itu, Maka keduanya adalah orang-orang mukmin, dan Kami khawatir bahwa Dia akan mendorong kedua orang tuanya itu kepada kesesatan dan kekafiran.
81. Dan Kami menghendaki, supaya Tuhan mereka mengganti bagi mereka dengan anak lain yang lebih baik kesuciannya dari anaknya itu dan lebih dalam kasih sayangnya (kepada ibu bapaknya).
jawaban petanyaan anda ada pada ayat 80 - 81 di atas

xucinxgaronx mengatakan...

Apakah Nubuat di Yesaya 53 adalah nubuatan yang digenapi Yesus ???

Yes 53:11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul

jika anda baca keseluruhan .... mulai dari Yesaya 53:10 ... Jawabnya TIDAK

Yesaya 53:10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.

diceritakan dalam kitab suci anda Yesus TIDAK BERUMUR LANJUT DAN TIDAK PUNYA KETURUNAN....

Anonim mengatakan...

>>>>>>bukankah antikris adalah berasal dari kristen ??

Loh ? Bukankah muhamad bersugesti bahwa dirinya penerus Yesus /Isa ?

Bukankah Muhamad diteguhkan kenabiannya pertama kali oleh Siti Khadija (kristen sesat) dan Pendeta sesat Waraqa (kristen sesat)

Jadi cocok dong kalau Muhamad disebut AntiKris ?

Anonim mengatakan...

>>>Yesus sendiri yang menyatakan hamba tak mungkin bisa sama dengan tuannya

Mat 10:24 Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, atau seorang hamba dari pada tuannya.

Tentu saja: Hamba bisa mati, capek, lapar dll. kalo Yesus tidak punya sisi manusia(hamba) maka gk akan ada penebusan dosa manusia, krn sisi Ke-Tuhanan Yesus tak bisa disalib.

Kristus itu 100% Tuhan dan 100% Manusia(Hamba)

Anonim mengatakan...

ak ada bayi yg dilahirkan yg tidak disentuh Setan saat ia dilahirkan dikala ia mulai menangis keras krn disentuh Setan, kecuali Maria dan putranya Yesus.
(Hadits Sahih Bukhari)

>>>>>>>
Hadis tersebut tak menyatakan bahwa Nabi Isa adalah Tuhan .... dari keterangan di atas artinya Isa tidak menangis sebagaimana bayi bayi yang baru dilahirkan akibat disentuh setan


{ Setuju! saya tidak mengklaim Hadits tsb mengakui ketuhanan Yesus, hanya saja saya menekankan "spesial" nya Isa sbg manusia yg tak berdosa

Anonim mengatakan...

**sementara kitab hadist bukanlah kitab suci yang sejajar dengan Al Qur'an

_______________________

Bisakah anda tahu tata cara sholat hanya oleh kitab quran yg anda anggap paling sempurna ?

Masakan hadits yg tak sejajar dan 'kurang sempurna' dibanding quran harus 'menyempurnakan lagi' kitab quran yg sudah sempurna ?

Sangat menggelikan :)

Anonim mengatakan...

*** Apakah Nubuat di Yesaya 53 adalah nubuatan yang digenapi Yesus ???

Yes 53:11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul

jika anda baca keseluruhan .... mulai dari Yesaya 53:10 ... Jawabnya TIDAK

Yesaya 53:10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.

diceritakan dalam kitab suci anda Yesus TIDAK BERUMUR LANJUT DAN TIDAK PUNYA KETURUNAN....

_________________________

Yesaya 53:10, umurnya lanjut =dari bhs asli "yaarik" = memperpanjang umurnya, buktinya Islam sendiri percaya Isa versi anda tidak mati2 sampai hari ini, berbeda dg muhamad yg mati dimakan belatung di dlm kubur


ttg kata 'keturunan',memangnya gak boleh kami men-takwil ayat-ayat kami ? masa cuma Islam yg boleh mentakwil ayat ? kalo semua ayat dipandang secara dhohir dan tanpa takwil.. nanti anda terpaksa harus percaya bhw Allah swt punya betis

kata "keturunan" ditakwil= kaum yg lahir baru dlm roh

Anonim mengatakan...

Apakah tanda kasih sayang Allah swt diwujudkan dengan membantai anak kecil tak berdosa oleh nabi Khdir seperti cerita dlm quran?

>>>>>>> baca kisahnya secara lengkap ..... surah QAHFI

80. Dan Adapun anak muda itu, Maka keduanya adalah orang-orang mukmin, dan Kami khawatir bahwa Dia akan mendorong kedua orang tuanya itu kepada kesesatan dan kekafiran.
81. Dan Kami menghendaki, supaya Tuhan mereka mengganti bagi mereka dengan anak lain yang lebih baik kesuciannya dari anaknya itu dan lebih dalam kasih sayangnya (kepada ibu bapaknya).
jawaban petanyaan anda ada pada ayat 80 - 81 di atas
+++++++++++++++++++++++++

sudah dibaca dengan lengkap tuh !

ayat 80 menerangkan bahwa si anak DIKHAWATIRKAN AKAN menyusahkan orang tuanya

Menurut anda kalimat 'KHAWATIR AKAN' menggambarkan masa depan atw masa kini?

Tafsir Ibn Kathir S18:80 his parents were believers, and we feared he would oppress them by rebellion and disbelief) Their love for him might make them follow him in disbelief

orangtuanya adalah mukmin dan kami KHAWATIR ia(si anak) AKAN menyusahkan mereka dg ketidaktaatan dan ketidakpercayaan.

Cinta mereka padanya MUNGKIN akan membuat mereka mengikuti kekufuran anak tsb

Perhatikan semuanya baru MUNGKIN dan AKAN

Pertanyaannya tetap sama:
MASA ANAK KECIL DIHUKUM MATI GARA2 DOSA YG BELUM DILAKUKANYA ?

Adilkah itu ? menggelikan :)