Apakah Yesus memiliki anak & berusia lanjut? (Yesaya 53:10)

Yesaya 53:10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.
"Ia" yang dibicarakan dalam kitab Yesaya 53 akan diselamatkan oleh Allah, menikah dan memiliki anak sampai usia lanjut.  Bagaimana menurut anda?

Tanggapan:
Pernyataan tsb mencoba memasukan konsep dr luar (eisegese) ke dlm pengertian ayat Yes 53:10. Kata "diselamatkan" kemungkinan berkaitan dgn lolosnya Yesus dr kematian (teori diserupakan atau teori lolos dr kematian di kayu salib). Kata "menikah" muncul akibat dr penafsiran kata "keturunan" yg diartikan secara fisik.
Namun pendapat ini tertolak berdasarkan ayat sebelumnya. Yes 53:9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat...



Ok kita bahas detail Yes 53:10
Isaiah 53:10 Yet it pleased the LORD to bruise him; he hath put him to grief: when thou shalt make his soul an offering for sin, he shall see his seed (Zera), he shall prolong his days, and the pleasure of the LORD shall prosper in his hand.

Kata "zera" (seed/benih/keturunan) memiliki arti yang luas dlm Bible tidak hanya merujuk pada arti keturunan secara fisik (Kej 47:24, 2 Raj 11:1, Yes 1:4, Ams 11:21). Dari konteksnya kata "zera" jelas yang dimaksud "spiritual offspring" karena kata "zera" lebih tepat diartikan secara figuratif/metafora, sebagaimana sang Mesias disebut sebagai anak Domba (Yes 53:7).

Sang Mesias yang jadi tokoh utama dlm Yesaya 53 merujuk pada Yesus dan Yes 53:10 relevan denga pernyataan Yesus sendiri.
Mat 13:37 Ia menjawab, kata-Nya: "Orang yang menaburkan benih baik ialah Anak Manusia; 
Mat 13:38 ladang ialah dunia. Benih yang baik itu anak-anak Kerajaan dan lalang anak-anak si jahat. 

So.. "spiritual offspring" yang dimaksud adalah anak-anak Kerajaan dari Sang Mesias, bertolak belakang dengan anak-anak kejahatan dari Iblis.

Kalimat "...Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya" memiliki arti akibat dari penyerahan diriNya untuk menjadi korban penebus salah, manusia yang berdosa telah tertebus dan terterima sebagai anak-anak kerajaan dan Yesus sang Mesias akan melihat banyak keturunannya atau anak-anak kerajaan yang telah ditebus tersebut.

Gal 4:5 Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak. 

Frase "umurnya akan lanjut" (prolong his days) dari kata Ibrani "arak" (to be long, prolong) dan "yowm"(hari, waktu, masa, periode). Untuk memahami makna kata/frase ini kita harus melihat ayat sebelum & sesudah. Dalam ayat 9, disebutkan kematian sang Mesias namun pd ayat 10 disebut berumur panjang. Ini jelas bermakna ayat 10 menunjuk pd peristiwa pasca kematian tersebut atau sang Mesias telah mengalami kebangkitan.

Hal ini semakin diperjelas pd ayat berikutnya.
Yes 53:11 "Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas;" 
Kata "Kesusahan jiwanya" merujuk pd penderitaan & kematiannya dan "melihat terang" merujuk pd kebangkitannya. 

Sehingga pengertian frase "prolong his days" (umurnya akan lanjut) yg merupakan kata figuratif berarti suatu kondisi dimana sang Mesias tetap terus hidup dan tdk akan mengalami kematian lagi.
Share:

Tidak ada komentar: