Debat Historitas Injil & Penyaliban Yesus: Seri 6 Penutup


Pengantar: Seri 6 ini adalah akhir dari perdebatan yang cukup panjang. Berdasarkan berbagai data sejarah bahwa kisah penyaliban & kematian Yesus sangatlah historis. Demikian juga kebangkitan Yesus yang memang belum menjadi fokus pembahasan dalam debat ini. 
Yesus mati untuk anda dan saya...

Mata Malaikat
 Baik saya jawab apa yg anda minta.
Menurut saya, injil kanonik yg ada saat ini merupakan buku sejarah yang ditulis oleh penulis2 seprti LUKAS dan kebenarannya perlu diteliti lagi.
Sebagai buku sejarah, keakuratan ceritanya perlu ditinjau ulang mengingat sipenulis hanya menuliskan berdasarkan kesaksian dari oranglain. Contoh Kesaksian penyangkalan PETRUS 3x terhadap jesus...
Matius, Johanes, Markus dan Lukas Tidak bersama Petrus waktu itu... otomatis ke 4 penulis itu mendapat cerita ini dari
1. Petrus
2. Tentara Romawi
3. Orang yg tidk dikenal

Jika ke 4 penulis mendapat kesaksian dari PETRUS langsung, tentu 4 penulis akan menceritakan yg sama.. tapi kenyataannya berbeda.

Begitu juga kisah perempuan yg masuk ke kubur jesus dlain sebagainya. Walau kata Sdr. Jeffery hanya MASALAH MINOR tapi tetap saja pengakuan kanonik sebagiai KITAB TUHAN layak dipertanyakan, jika dikatakan sebagai kitab sejarah. lebih bisa diterima

Wajar jika ada 4 org menuliskan kisah SOEHARTO berbeda meski ceritanya hampir sama sebab ke 4 penulis itu tentu akan menuliskannya berdasar atas apa yg ia ketahui dari orang terdekat atau terjauh SOEHARTO

Saya pernah debat panjang dengan pendeta Ryan Siburian mengenai berapa jumlah malaikat yang dilihat Maria Magdalena di kubur Jesus..
Memang terlihat sepele, tapi dampaknya mengimbas pada otoritas "penulis sebagai saksi mata"...

Kita tahu bahwa MATIUS, MARKUS, JOHANES dan LUKAS TIDAK ikut bersama MARIA MAGDA waktu ke makam jesus. Itu artinya, ke 4 penulis ini mendapat kesaksian dari WANITA YANG PERGI KE MAKAM...

Tapi rasanya terlalu buru2 kalau mengatakan bahwa 4 penulis kanonik ini mendapat kesaksian dari MARIA MAGDA sebab masing2 penulis memiliki versi sendiri2... dan yg paling berbeda sendiri adalah hasil tulisan Johanes....

Apologia Kristen
Sebelum diskusi ini diakhiri, sy akan menjawab beberapa hal, namun utk hal substansinya saja..

Yah Injil adalah sebuah buku sejarah & sekaligus buku/kitab suci atau istilah anda kitab Tuhan. Namun anda hrs bedakan dgn konsep Islam terhadap pengertian "kitab suci", yg menurut Islam adalah kitab yg diturunkan dr langit melalui pewahyuan secara verbatim. Dlm kekristenan sebuah kitab suci adalah tulisan dr manusia yg telah diilhamkan Tuhan. Karakteristik dr manusia penulisnya tdklah hilang dlm proses penulisannya.

Ini berarti seorang penulis kitab suci bisa saja mengambil data dr hasil penelitiannya berdasarkan keterangan2 saksi2 atau info dr sebuah oral tradition yg dipercaya. Matius, Lukas & Yohanes bisa saja mendapatkan informasi kisah penyangkalan Petrus dr Petrus sendiri atau dr kitab Markus yg ditulis berdasarkan kesaksian Petrus.

Sebuah "kitab suci" yg benar2 berasal dr Tuhan akan bersesuaian dgn data sejarah sekular/arkeologi yg anda. Dan Alkitab telah berulang kali telah diteguhkan dgn data eksternal ini. Bahkan keterangan2 dlm Alkitab yg sempat dipertanyakan beberapa orang, akhirnya diteguhkan dr penemuan2 arkeologi seperti dinyatakan para arkeolog seperti William Albright, Kenneth Kitchen dll.

Saya menantang anda utk memperlakukan hal yg sama terhadap Quran. Silahkan melakukan self study terhadap hubungan Quran & penemuan arkeologi Arab kuno termasuk kesesuian dgn dokumen2 sejarah kuno. Sebagai entry point, silahkan anda kaji eksistensi Mekkah kuno serta perbandingan quran saat ini dgn manuscript sana'a.

Contoh detail yg anda kemukakan ttg penyangkalan Petrus & kunjungan para perempuan/murid ke kubur Yesus memiliki penjelasan2 yg reasonable. Namun sy kira kurang tepat dibhs thread ini, karena tentu anda akan terus memberi detail2 lainnya

Namun yg jelas, keempat Injil tsb memiliki gaya literary yg berbeda dlm menyampaikan sebuah event yg sama. Bahkan walaupun mereka mengambil dr sumber yg sama. Perbedaan yg ada jika dikaji secara komprehensif justru bersifat saling melengkapi bahkan kita bisa membangun sebuah kronologis yg lengkap peristiwa kunjungan para perempuan/murid ke kuburan Yesus.

Lepas dr perbedaan2 ini, keypoint-nya tetap jelas, masalah2 ini tdklah menghilangkan historical core-nya bhw Yesus memang benar telah mati, dikuburkan dan para perempuan/murid berkunjung ke kubur pd hari minggu subuh.

Mata Malaikat
AK: Dlm kekristenan sebuah kitab suci adalah tulisan dr manusia yg telah diilhamkan Tuhan. Karakteristik dr manusia penulisnya tdklah hilang dlm proses penulisannya.

Jika benar di ilhamkan Tuhan, Lukas seharusnya tidak menuliskan bahwa tulisannya berasal dari kesaksian yg lalu ia selidiki kebenarannya. Jika itu ilham dari Tuhan maka penulis tidak berhak menambah atau mengurang apa yg telah Tuhan ilhamkan padanya dgn kata lain, karakter mereka untuk itu dihilangkan.

AK: Matius, Lukas & Yohanes bisa saja mendapatkan informasi kisah penyangkalan Petrus dr Petrus sendiri atau dr kitab Markus yg ditulis berdasarkan kesaksian Petrus.

Ini mirip pernyataan KRIS KRISTIAN di nota saya. Namun rasanya aneh kalo Matius dan Jhon menjiplak tulisan Markus sementara mereka selalu bersama2 petrus yg juga Rasul.

AK: Ini berarti seorang penulis kitab suci bisa saja mengambil data dr hasil penelitiannya berdasarkan keterangan2 saksi2 atau info dr sebuah oral tradition yg dipercaya.

Berarti ini bukan Ilham dari tuhan melainkan pencariannya sendiri

Apologia Kristen
Sekali lagi,"pengilhaman" tdk berarti Tuhan mendiktekan kalimat demi kalimat (verbatim) seperti Quran yg disampaikan melalui Jibril kepada Muhammad. Karena Tuhan bisa juga mengarahkan penulis Alkitab mendapatkan informasi dr berbagai sumber manusia lainnya.

Proses pencarian/penelitian berada dlm konteks pengilhaman Tuhan. Termasuk dlm proses penyusunan tulisan. So.. gaya literary, background & motif penulis tetap tdk hilang, namun mereka berada dlm ruang lingkup tuntunan/pengilhaman dr Tuhan. Misalnya Matius cenderung tulisannya ditujukan kepada orang Yahudi yg telah percaya & Lukas kepada gentiles. Namun jika mempelajarinya secara komprehensif perspektif yg berbeda ini bersifat saling melengkapi & kita akan mendapatkan gambaran yg utuh siapakah Yesus itu.

Nah bagaimana kalau dibalik informasi2 yg bersifat Data sejarah dlm Quran apakah sepenuhnya disampaikan Tuhan kepada Muhammad atau Muhammad menambahkannya berdasarkan pengetahuan yg dimilikinya? Jika semuanya dr Tuhan, dan ternyata terbukti byk data dlm Quran yg bertentangan dgn berbagai data sejarah/arkeologi, bgmana sikap anda?

ok.. sepertinya diskusi ini sy perlu akhiri & jika anda msh ingin membhs beberapa point lainnya yg memang saya blm tanggapi detail dlm thread ini, silahkan buat thread baru. Saya kira byk rekan2 kristiani akan terlibat membhsnya, jika ada waktu & menarik utk dibhs sayapun akan melibatkan diri dlm diskusi tsb.

Mata Malaikat
AK: Nah bagaimana kalau dibalik informasi2 yg bersifat Data sejarah dlm Quran apakah sepenuhnya disampaikan Tuhan kepada Muhammad atau Muhammad menambahkannya berdasarkan pengetahuan yg dimilikinya?

Alquran menyatakan diri bahwa apa yg diterima muhammad itulah yg disampaikan. apalagi setiap wahyu turun, semua sahabat berlomba2 menghafalnya. jadi jika muhammad merubah2 atau menambah kalimat sebelumnya banyak sahabat yg akan mempertanyakannya.

Saya sudah membuat thread baru lama sekali tapi belum anda tanggapi. dan itu sudah membahas penyaliban yesus versi alur'an yang dulu anda minta.

Apologia Kristen
 Ok.. diskusi ini saya akhiri & kita akan lanjutkan dlm thread tsb ttg penyaliban Yesus versi Quran atau di thread baru lainnya. Thanks atas diskusinya.

Mata Malaikat
Ok saya tunggu
Thanks juga sudah mau ngobrol2.

SELESAI
Share:

Tidak ada komentar: