Debat Historitas Injil & Penyaliban Yesus: Seri 3 Injil Kanonik & Para Rasul


Mata Malaikat
JJ: Artinya sejak awal kitab/surat in telahi diteguhkan oleh para rasul sendiri ditambah lagi dgn byknya kutipan2 teks kitab/surat kanonik oleh bapa2 gereja yg juga murid/cucu murid dr para rasul itu sendiri

Kenyataannya para RASUL tidak pernah mengatakan hal ini dalam tulisannya.

Apologia Kristen
Perlu diketahui pd masa awal2 periode rasul2, jemaat masih terpusat di Yerusalem. Dan budaya komunikasi yg berkembang saat itu adalah budaya oral yaitu melalui pengajaran langsung para rasul2. Seiring berkembangnya pengikut Kristus di beberapa kota seperti Antokhia dll & perjalanan misi Paulus & Petrus, maka mulai disusun tulisan2. Matius menyusun injil berdasarkan catatannya karena memang dia sebelumnya seorang tax collector. Markus yg adalah murid dr Petrus mencatat informasi dr gurunya Petrus. Lukas kawan perjalanan dr Paulus & sering bertemu dgn para rasul di Yeruselam, melakukan investigasi ttg peristiwa yg terjadi. Demikian pula Yohanes yg ditulis belakangan pasca selesainya injil sinoptis ditulis.
Memang kita tdk menemukan perkataan langsung para rasul dlm Injil2 yg bersifat meneguh kitab Injil tsb, karena memang timeframe injil berakhir pasca kenaikan Yesus. Namun kita bisa melihat catatan2 dr bapa gereja yg mengkonfirmasi hal ini bhw para Rasul meneguhkan Injil yg telah ditulis tsb. Salah satunya dicatat Eusebius yg menyatakan Petrus sendiri meratifikasi kitab suci/Injil yg ditulis oleh Markus tsb.

".. [Peter's followers] besought Mark, whose Gospel is extant, seeing that he was Peter's follower, to leave them a written statement of the teaching given them verbally, nor did they cease until they had persuaded him adn so became the cause of the Scripture called the Gospel according to Mark. And they say that the Apostle, knowing by the revelation of the spirit to him what had been done, was pleased at their zeal and RATIFIED the Scripture for study in the churces". (Ecc. Hist 2.15.1)


Dlm surat 2 Petrus, Petrus juga meneguhkan surat2 Paulus.
2 Pet 3:15 ...seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya.
2 Pet 3:16 Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang-orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain.

Dlm data internal di surat2 PB, kita bisa mengetahui para Rasul (Yakobus, Petrus, Paulus) telah mengenal synoptic tradition. Dan adanya hubungan komunikatif/interaksi antar mereka, seperti Yakobus bersama Matius/Markus di Yerusalem (Kis 1:13, 12:12-17,25). Paulus bersama Yakobus & Lukas (Kol 4:14, 2 Tim 4:11, Fil 24, Kis 21:17 etc). Petrus dan Paulus bersama Markus (Kol 4:10, 1 Pet 5:13, Kis 13:5 etc) Paulus sendiri telah diterima & diakui status kerasulannya oleh para murid2 Yesus lainnya. Silahkan pelajari hal ini dlm peristiwa Sidang Yerusalem (Kis 15). Namun sayang sekali oleh muslim, Paulus sering dijadikan kambing hitam. Tentu pembhsan tentang Paulus bkn di thread ini.

Berdasarkan data ini maka para Rasul jelas telah mengetahui & tentu telah mengakui otentitas2 kitab/surat PB ini, karena penulisnya sendiri adalah para rasul atau murid2 rasul itu sendiri. Interaksi diantara mereka sangat jelas dlm data di atas yg dgn sendirinya terjadi proses peneriman terhadap tulisan tadi. Dan ini diperkuat kesaksian bapa2 gereja yg byk mengutip teks2 dlm kitab kanonik karena tentu mereka tahu persis keasliannya & otentitasnya yg telah ada sejak era apostolic.


Mata Malaikat
JJ: Pd masa itu, masing2 daerah hanya memiliki beberapa kitab & surat, namun seiring waktu proses sirkulasi/pertukaran kitab/surat2 ini semakin meluas antar daerah/gereja. Sehingga beberapa waktu kemudian muncul daftar kitab/surat2 yg telah diterima/digunakan tsb. Konsili2 & bapa gereja seperti Athanasius mendata kembali kitab/surat2 tsb & menjadikan sebagai daftar resmi. Beberapa kitab tertentu seperti Wahyu memang agak terlambat diterimas status kanonik penuh, karena disebabkan kehatian-hatian pr bapa gereja dlm memastikan kanonitas dr sebuah kitab. Namun secara esensi kitab2 itu telah diterima & dikenal secara luas.

Ini kontradiksi dengan pernyataan anda sendiri diatas yg mengatakan bahwa "sejak awal alkitab diteguhkan oleh para rasul"... Jika memang para rasul telah meneguhnya, nggak mungkin ada penyusunan ulang hingga beberapa kitab TELAT dimasukan seperti itu

Apologia Kristen
Istilah "penyusunan ulang" tidak tepat, para rasul telah meneguhkannya seperti yg saya uraikan di atas. Kitab/surat2 yg ada semula masih tersebar terpisah-pisah & seiring waktu bapa2 gereja mulai menyusun daftarnya, beberapa kitab2 yg telat itu hanya masalah telat diterima secara universal. Sekali lagi, point ada utk meragukan otentitas kisah penyaliban/kematian Yesus tdklah valid, karena justru dlm kitab/surat yg lebih cepat diterima secara universal (20 kitab) termasuk injil kanonik berisi kisah penyaliban/kematian Yesus.

Mata Malaikat
HANYA MASALAH TELAT, menurut saya cuma retoris karna pada kenyataannya ke 7 surat itu tidak diakui pada awal-awalnya

Apologia Kristen
Silahkan cermati kembali uraian sy tentang hal ini, ini masalah data sejarah bukan sekedar retorika. Justru pernyataan anda yg retoris karena hanya asumsi tanpa dukungan data yg memadai 

Mata Malaikat
saya sudah mencermati dan saya berkesimpulan, jika alkitab pada awal2 sudah terbentuk (seperti yg anda bilang) kenapa ketika konsili Cartago justru injil wahyu, jakobus dan beberapa injil lain tidak ikut dimasukkan?

Apologia Kristen
Third Synod of Carthage (397 CE)
Canon 24. "... the canonical Scriptures are these: .... The [books of the] New Testament: the Gospels, four books; the Acts of the Apostles, one book; the Epistles of Paul, thirteen; of the same to the Hebrews; one Epistle; of Peter, two; of John, apostle, three; of James, one; of Jude, one; the Revelation of John. .."

Total 27 kitab... 

Mata Malaikat
JJ:  Pada sekitar abad ke-2 keatas, seiring dgn matinya para rasul. Para bidat mulai berkembang & mereka menyusun "injil2" versi mereka yg semuanya mengacu pd injil kanonik namun ditambah dgn imajinasi penulis & dikolaborasikan dgn pemikiran gnostik yg memang sangat berpengaruh di kalangan bidat saat itu.

Jesus pernah bersabda " Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu". Artinya, kenapa anda tidak berpikir yang sama pada injil kanonik yg ada sitangan anda saat ini??? karna jgn2 injil kanonik pun dituliskan berdasarkan IMAJINASI sipenulis?

Apologia Kristen
Karena jelas konklusi ini berdasarkan data sejarah, manuscript dsbnya. Jika anda mempelajari injil Apokrif seperti injil Petrus dll, kisah2 kebangkitan Yesus penuh dgn "bunga-bunga", dimana Yesus keluar dr kubur dlm kemulian dan kekuasaan dgn semua orang melihat Dia termasuk pr imam, pemimpin2 Yahudi, penjaga2 Romawi dll. Kisah2 seperti ini biasa ada dlm legenda yg jelas sangat berbeda dgn deskripsi dlm injil2 Kanonik. Seorang ahli sejarah An. Sherwin White telah mengkaji bgmana proses berkembangnya sebuah legenda. Alexander dipandang sebagai figur ilahi terjadi beberapa ratus thn kemudian (Robin L. Fox, The Search of Alexander). Dan injil kanonik yg ditulis hanya beberapa thn pasca peristiwa Yesus didunia, tdk memungkinkan terjadi proses legendanisasi. So.. kisah dlm Injil kanonik memang seperti apa yg terjadi, kalau terjadi penyimpangan maka pd saat itu masih ada para saksi mata yg hidup yg akan membantah/mengoreksi kepalsuan cerita tsb.

Jika anda menganggapkan injil apokrif itu adalah injil yg "benar/asli" & bukan "imanajinatif" silahkan berikan argumentasi & data anda.

Mata Malaikat
JJ: Ok sekarang berkaitan dgn standing point anda Quran, jika Quran menyatakan bhw Yesus tdk disalibkan tetapi orang lain yg diserupakan atau Yesus disalib tetapi tdk mati (pingsan) sesuai versi anda, karena anda meragukan narasi penyaliban/kematian Yesus dlm Injil Kanonik, maka tugas anda memberikan dukungan sejarah terhadap tuduhan quran tsb.

saya rasa bahasan akan bercampur baur sebelum hal2 diatas selesai. Ini menyusul dibagian selanjutnya atau bahas di wall baru.

Apologia Kristen
Ok, mungkin ada baiknya dibuat thread baru utk hal ini.

Bersambung ke Seri 4
Share:

Tidak ada komentar: