Dia Datang Bersama 10.000 Orang Kudus

ARGUMENTASI ISLAM
Alkitab menubuatkan nabi yang berasal dari Paran yaitu tempatnya Ismael (nenek moyang Islam) disertai puluhan ribu orang kudus yang mengacu pada penaklukan Mekah oleh Muhammad bersama 10.000 pasukannya.
Ul 33:2 Berkatalah ia: "TUHAN datang dari Sinai dan terbit kepada mereka dari Seir; Ia tampak bersinar dari pegunungan Paran dan datang dari tengah-tengah puluhan ribu orang yang kudus; di sebelah kanan-Nya tampak kepada mereka api yang menyala.
Kej 21:21 Maka tinggallah ia (Ismael) di padang gurun Paran, dan ibunya mengambil seorang isteri baginya dari tanah Mesir
Jumlah 10.000 juga tercatat dalam Kidung Agung yang ditulis “di antara selaksa orang”
Kid 5:10 --Putih bersih dan merah cerah kekasihku, menyolok mata di antara selaksa orang.
Demikian juga tercatat dalam Perjanjian Baru di kitab Yudas dengan kata “beribu-ribu orang kudus”
Jud 1:14 Juga tentang mereka Henokh, keturunan ketujuh dari Adam, telah bernubuat, katanya: "Sesungguhnya Tuhan datang dengan beribu-ribu orang kudus-Nya,

JAWABAN
Dalam menjawab argumentasi ini kita akan membaginya dalam dua sub pembahasan agar lebih sistematis yaitu letak dari pegunungan Paran dan arti dari kalimat ribuan orang kudus.

1. Letak dari PARAN
Pertama-tama kita perlu melihat data secara geografis dari tempat yang disebut Sinai. Seir dan Paran. Silahkan perhatikan peta berikut ini:


Sumber: New Bible Atlas, InterVarsity Press, 1985

Dari peta di atas terlihat jelas lokasi ketiga tempat tersebut yaitu Sinai, Seir dan pegunungan Paran berada di antara semenanjung Sinai dengan daerah Israel. Untuk Sinai sudah sangat jelas berada di semenanjung Sinai. Seir dalam Alkitab disebut juga Edom seperti yang tertera pada peta.
Kej 36:8 Maka menetaplah Esau di pegunungan Seir; Esau itulah Edom.
Kej 36:9 Inilah keturunan Esau, bapa orang Edom, di pegunungan Seir.

Kesamaan Seir dan Edom dijelaskan dalam New Bible Dictionary.
SEIR. . The word sŒeµÔir defines a mountain (Gn. 14:6; Ezk. 35:15), a land (Gn. 32:3; 36:21; Nu. 24:18) and a people (Ezk. 25:8) in the general area of old Edom

Bagaimana dengan Paran?
Seperti yang ditunjukan dalam peta bahwa padang Paran berada di antara Sinai dan Seir. Sehingga sangat aneh jika Paran yang dimaksud para apologis Muslim itu Mekah tempat kelahiran Muhammad karena jaraknya sekitar 1.200 km seperti yang ditunjugkan dalam peta berikut ini.

Ayat Kej 21:21 yang menyebutkan tempat tinggal Ismael justru memberi indikasi yang kuat bahwa letak Paran tidak terlalu jauh dari Israel. Dalam ayat itu disebutkan Hagar mengambil isteri untuk Ismael dari Mesir. Jika Paran yang dimaksud adalah Mekah berarti Hagar harus menempuh perjalanan ribuan kilometer. Apa perlunya Hagar sang ibu harus pergi jauh-jauh ke Mesir untuk mencari istri bagi Ismael?

Bayangkan perjalanan yang harus diambil dengan melalui jalur laut :
- dari Mekah ke Jedah jaraknya sekitar 90 km
- dari Jedah harus naik kapal menyeberang Laut Merah yang lebarnya sekitar 200 km, mendarat di sekitar pelabuhan Sudan
- dari pelabuhan Sudan ke kota kuno Mesir, misalkan ke Thebe jaraknya sekitar 600 km
Perjalanan Hagar di atas bisa memakan waktu berbulan-bulan hanya untuk sekedar mendapatkan menantu. Tentu hal ini tidak masuk akal. Sebaliknya jika Paran ada di antara Sinai dan Seir maka penuturan Alkitab sangat masuk akal

Perlu diingat bahwa nenek moyang bangsa Arab & suku dari Muhammad belum tentu keturunan Ismael. Keturunan Ismael memang diberkati menjadi bangsa yang besar tetapi tidak berarti Tuhan juga memberkati agama yang muncul dari bangsa tersebut. Pembahasan tentang ini bisa dilihat di artikel Ishak Anak yang Tunggal.

Sekarang mari kita melihat apa kata Alkitab tentang Paran.
Bil 13:1-3 TUHAN berfirman kepada Musa: "Suruhlah beberapa orang mengintai tanah Kanaan, yang akan Kuberikan kepada orang Israel; dari setiap suku nenek moyang mereka haruslah kausuruh seorang, semuanya pemimpin-pemimpin di antara mereka." Lalu Musa menyuruh mereka dari padang gurun Paran, sesuai dengan titah TUHAN; semua orang itu adalah kepala-kepala di antara orang Israel.

Apakah nabi Musa menyuruh mengintai Kanaan dari Mekah yang jauhnya sekitar 1.200 km dari Kanaan. Apakah ada ayat di Quran yang menyebutkan nabi Musa dan umat Israel pergi ke Mekah? Sebaliknya jika Paran ada di dekat semenanjung Sinai maka penuturan Alkitab sangat masuk akal.

2. Disertai 10.000 orang kudus.

Dalam Ul 33:2 disebutkan yang datang adalah TUHAN (Yahweh) “ …TUHAN datang dari Sinai dan terbit kepada mereka dari Seir; Ia tampak bersinar dari pegunungan Paran”.
Nah.. apakah Muhammad adalah Tuhan? Ini jelas bertentangan dengan doktrin Islam sendiri yang menganggap Muhamma hanyalah nabi bukan Tuhan. Lalu kenapa ayat ini dipaksakan sebagai nubuatan Muhammad?

Sedangkan kalimat "puluhan ribu orang kudus" mengacu pada malaikat menggunakan kalimat puitis hiperbola yang biasa dalam budaya Semit dan tidak boleh diartikan secara literal (harafiah). Dalam bahasa Inggris kalimat yang digunakan adalah TEN THOUSANDS yang berarti sekitar 20.000 keatas atau lebih tepat disebut beribu-ribu. Bukan tertulis Ten Thousand yang berarti 10.000. Selain itu jumlah pasukan Muhammad tidak berarti berjumlah tepat 10.000 karena angka itu hanyalah perkiraan umum saja.

Bagaimana dengan yang tertulis dalam Kidung Agung?
Kid 5:10 "Putih bersih dan merah cerah kekasihku, menyolok mata di antara selaksa orang. "
Jika kita perhatikan ayat & konteksnya ternyata pribadi yg dimaksud adalah seorang perempuan! yaitu pujian Salomo kepada salah satu putri Yerusalem sedangkan Muhammad adalah laki-laki.
Kid 5:8 " Kusumpahi kamu, puteri-puteri Yerusalem: bila kamu menemukan kekasihku, apakah yang akan kamu katakan kepadanya? Katakanlah, bahwa sakit asmara aku!" .

Kidung Agung ditulis dengan gaya puitis yang berisi ungkapan pujian Salomo terhadap kekasihnya yang juga menggambarkan metafora hubungan mempelai pria (Allah) dengan mempelai perempuan (umatnya). Sehingga kata-kata yg digunakan tidak bisa diartikan secara literal. Demikian juga dengan kata selaksa adalah kata puisi yg lebih tepat diartikan "diantara banyak perempuan" atau “beribu-ribu perempuan hanya engkau yang kukasihi”

Hal serupa juga berlaku dalam kitab Yudas.
Yud 1:14 "Juga tentang mereka Henokh, keturunan ketujuh dari Adam, telah bernubuat, katanya: "Sesungguhnya Tuhan datang dengan beribu-ribu orang kudus-Nya, "

Ayat ini mirip dengan Ul 33:2 yang menyebutkan kedatangan Tuhan yang disertai ribuan malaikatNya. Sekali lagi apakah Muhammad itu Tuhan?

Dari seluruh pembahasan ini kita bisa simpulkan bahwa ayat-ayat Ul 33:2, Kid 5:8 dan Yud 1:14 tidaklah berisi nubuatan kedatangan Muhammad.

Jaringan Apologia Kristen
Jimmy Jeffry

Reference:
New Bible Atlas, InterVarsity Press, Downer Groove, 1985
The New Bible Dictionary, (Wheaton, Illinois: Tyndale House Publishers, Inc.) 1962.
Share:

Tidak ada komentar: