Siapakah Parakletos?

ARGUMENTASI ISLAM
Yoh 14 berisi janji Yesus mengenai datang seorang penolong lain merupakan bukti nubuatan tentang Muhammad. Dalam banyak hal ayat tersebut lebih cocok menunjuk pada Muhammad dibandingkan Roh Kudus.

JAWABAN
Kita perlu menelaah (eksegesis) ayat-ayat dalam Yoh 14 dan melihat keterkaitannya dengan ayat-ayat lainnya. Agar pembahasannya sistematis akan dibagi menjadi tiga bagian yaitu ciri-ciri penolong lain, kedatangan Roh Kudus yang dijanjikan dan Arti kata Parakletos.

1. Ciri-ciri Penolong lain.
Yoh 14:16 "Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya". Kata "selama-lamanya" menunjuk pada Roh Kudus yang bersifat abadi berbeda dengan Muhammad yang lahir sekitar tahun 570 dan mati sekitar tahun 632 M.

Yoh 14:26 "tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, ... dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu". Jelas Penghibur yang dimaksud adalah Roh Kudus bukan seorang manusia! Penghibur itu diutus dalam nama Yesus, apakah dalam Quran ada pernyataan bahwa Muhammad diutus Allah dalam nama Yesus? Kata "mengingatkan kamu" dan kata "semua yang telah kukatakan kepadamu" memiliki arti semua perkataan Yesus kepada murid-muridnya. Ini jelas adalah Roh Kudus bukan Muhammad yang nanti muncul sekitar 600 tahun kemudian.

Yoh 14:30 "Tidak banyak lagi Aku berkata-kata dengan kamu, sebab penguasa dunia ini datang dan ia tidak berkuasa sedikitpun atas diri-Ku". Ayat ini nubuat Yesus tentang kematian diriNya, mereka memang menyalibkannya tetapi mereka tidak berkuasa atasNya karena Ia sendiri rela menjalankan rencana keselamatan ini. Ayat ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan Muhammad.

Yoh 15:26 "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.". Apakah Muhammad bersaksi tentang Yesus? Apakah Muhammad pernah mengatakan bahwa ia diutus oleh Yesus?


Yoh 16:7 "... tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu". Penghibur akan diutus kepada murid-muridnya! terlalu lama menunggu Muhammad.
Yoh 16:13Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, ...". Sekali lagi disebut Roh bukan seorang manusia!

2. Kedatangan Roh Kudus yang dijanjikan
Yoh 14:26 "tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, ... dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu"
Kata "mengingatkan kamu" dan kata "semua yg telah kukatakan kepadamu" memiliki arti semua perkataan Yesus kepada murid-muridnya. Dan murid-murid masih tetap hidup saat yang dijanjikan itu datang untuk mengingatkan mereka.

Ini ditegaskah kembali oleh perkataan Yesus sebelum naik ke sorga, mereka harus tinggal di kota menunggu kedatangan Penghibur yg dijanjikan itu. Luk 24:49Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi."
Kis 1:4Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, ...

Selanjutnya Yesus mengatakan mereka akan dibaptis dengan Roh Kudus.
Kis 1:5Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.
Ayat ini cocok dgn perkataan Yohanes pembaptis tentang Yesus.
Mat 3:11Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.

Janji ini kemudian terpenuhi saat kedatangan Roh Kudus yang ditandai dengan lidah api.
Kis 2:3-4dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya

Para murid dapat berkata-kata dalam bahasa lain menyampaikan Injil, ini juga tanda bahwa ajaran Yesus harus disebarkan ke segala bangsa.
Kis 1:8Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Apa yang terjadi sesudah peristiwa itu, para murid-murid menjadi begitu semangat dalam memberitakan Injil, tadinya mereka takut pada waktu penangkapan Yesus tetapi sekarang menjadi berani bahkan sampai mati dibunuh sekalipun. Khotbah Petrus yang luar biasa itu dimulai sejak menerima Roh Kudus, mereka menjadi mengerti tentang kebenaran dan rela mati untuk kebenaran itu.
Selama masa jemaat mula-mula ini Roh Kudus berperan besar menuntun para rasul dalam memberitakan Injil & memelihara kehidupan jemaat. Kis 9:31Selama beberapa waktu jemaat di seluruh Yudea, Galilea dan Samaria berada dalam keadaan damai. Jemaat itu dibangun dan hidup dalam takut akan Tuhan. Jumlahnya makin bertambah besar oleh pertolongan dan penghiburan Roh Kudus

3. Arti kata Parakletos
Penulis muslim berargumentasi mengenai kata "Paraclete" untuk mencoba membuktikan nubuatan Muhammad. Menurut mereka yang tertulis sebenarnya “Perikletos” yang memilik arti indah & pujian dan ini mirip dengan arti Ahmad (akar kata nama Muhammad) yang berarti “yang terpuji”. Tetapi jelas arti ini berbeda dengan arti kata Parakletos yang berarti penghibur, penolong & pengantara.

Memang kedua kata agak mirip tetapi kemiripan kata tidak menjamin memiliki arti yang sama. Contohnya: kata "sandung" mirip dengan "sanjung", kata "selimut" mirip dengan "selamat", kata "doa" mirip dengan kata "dosa" dan banyak sekali lidah orang asing terpeleset di sini dengan mengatakan, "mari kita berdosa". Tetapi harus diingat pula bahwa kata perikletos yang mereka maksu adalah bahasa Yunani sedangkan Ahmad bahasa Arab jadi ini berbeda substansi (meta basis).

Seandainya kata penolong lain kita ganti dengan kata AHMAD perhatikan ayat berikut ini.
Yoh 14:16-17 "Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang AHMAD yang lain, supaya AHMAD menyertai kamu selama-lamanya, yaitu AHMAD. Dunia tidak dapat menerima AHMAD, sebab dunia tidak melihat AHMAD dan tidak mengenal AHMAD. Tetapi kamu mengenal AHMAD, sebab AHMAD menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu".

Para apologis muslim sering menuduh bahwa kata yang sebenarnya tertulis adalah Perikletos tetapi oleh Kristen telah diubah menjadi Parakletos. Tuduhan ini tidak berdasar karena berdasarkan seluruh manuscript dan naskah kuno Perjanjian Baru kata yang tertulis adalah Parakletos !

Jaringan Apologia Kristen
Jimmy Jeffry
Share:

2 komentar:

Agustinus mengatakan...

Gak cocok bro ....bukti gak paham Alkitab.

Agustinus mengatakan...

Gak cocok bro ....bukti gak paham Alkitab.