Apakah Paulus keliru mengenai hari kedatangan Tuhan?

1 Tes 4:14  Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.
1 Tes 4:15  Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal.
1 Tes 4:16  Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;

Pernyataan Paulus dalam 1 Tes 4:15 sering dianggap sebuah kekeliruan Paulus mengenai hari kedatangan Tuhan. Dalam ayat itu terkesan Paulus masih hidup saat Tuhan datang. Bagaimana kita menyikapi ayat tsb?

Share:

Debat Konsep Penebusan & Kematian Yesus

Pengantar: Debat antara Jimmy Jeffry vs Yry Ags PRwnt & Arda Chandra seputar konsep penebusan dan kematian Yesus. Beberapa rekan lain ikut memberi komentar dalam debat ini. Transkrip debat ini disajikan sesuai dengan alur diskusi yang terjadi tanpa ada perubahan, hanya sedikit pengeditan untuk pengaturan transkripnya.


Yry Ags PRwnt
Penyaliban adalah kutukan:
Kitab Ulangan:
21:22 “Apabila seseorang berbuat dosa yang sepadan dengan hukuman mati, lalu ia dihukum mati, kemudian kaugantung dia pada sebuah tiang,
21:23 maka janganlah mayatnya dibiarkan semalam-malaman pada tiang itu, tetapi haruslah engkau menguburkan dia pada hari itu juga, sebab seorang yang digantung terkutuk oleh Allah; janganlah engkau menajiskan tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu menjadi milik pusakamu.”
Lalu apa yang terjadi?
Share:

Masalah Seputar Yusuf & Maria


Mat 1:18  Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. 
Mat 1:19  Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. 

Bagaimana ayat 19 ini menerangkan pada ayat 18 sebelumnya ada keterangan BELUM MENIKAH, dan pada ayat 19 tertulis YUSUF ingin DIVORCE atau menceraikan, sedangkan mereka belum menikah...??

Tanggapan
Teks-teks Bible mengenai status suami/istri Yusuf & Maria terlihat "bermasalah" karena menilainya dari perspektif budaya masa kini. Namun ini bukanlah sebuah masalah jika memahami konteks budaya Yahudi pada masa itu. Pertunangan (betrothal-erusin) pada budaya Yahudi saat itu memiliki tingkat ikatan yang lebih kuat dibanding term "pertunangan" masa kini. "Betrothal (erusin) then was more binding than most engagements are today and was normally accompanied by the groom’s payment of at least part of the bride price..." (Keener, Craig S., IVP Bible Background Commentary: New Testament, Downer’s Grove, IL: InterVarsity Press 1997.)
Share:

Apakah beda Anak Allah dan anak-anak Allah?


Bisakah anda menjelaskan perbedaan pengertian Anak Allah? Tidak hanya Yesus yang disebut Anak Allah, bahkan semua orang yang beriman bisa disebut Anak Allah..

Tanggapan 
Kata "Anak Allah" (tunggal) dan "anak-anak Allah" (jamak) merupakan kata figuratif/metafora bukan secara literal bahwa Allah mempunyai anak biologis. Untuk memahami artinya tentu kita harus lihat konteksnya. Jika diperhatikan secara teliti jelas ada perbedaan antara penyebuatan "Anak Allah" dan "anak-anak Allah".


Share:

Mengapa Transfigurasi Yesus tidak tercatat di injil Yohanes?


Matius 17:1-9, Markus 9:2-9, dan lukas 9:28-36
Ayat-ayat diatas menceritakan Yesus yang mengajak secara eksklusif hanya 3 orang muridnya : Petrus, Yakobus dan Yohanes naik ke sebuah gunung yang tinggi.
Di tempat itu Yesus berubah menjadi bercahaya, dan bertemu dengan Musa dan Elia, dan tiba-tiba turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia."

Peristiwa diatas adalah peristiwa rohani yang luar biasa, sehingga Matius, Markus, dan Lukas yang tidak ikut menyaksikan peristiwa tersebut menuliskannya dalam injil mereka, tetapi mengapa Yohanes yang seharusnya saksi mata langsung, malah tidak menceritakannya dalam injilnya? Apakah injil Yohanes bukan ditulis oleh Yohanes murid Yesus ?

Tanggapan
Peristiwa ini disebut transfigurasi Yesus yang terjadi di sebuah gunung tinggi dan hanya disaksikan 3 orang murid Petrus, Yakobus & Yohanes
Mar 9:2 Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendirian saja. Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka, 

Share:

Apakah Yesus hamba sekaligus Tuhan? (Yesaya 53:11)


Yesaya 53:11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.
Apakah Yesus hamba sekaligus Tuhan ?

Tanggapan
Yesus memiliki natur/hakekat sebagai Allah dan sebagai manusia. Yesus juga memiliki banyak peran/status sebagai hamba, imam, nabi, raja, gembala, penebus, juruselamat dan sebagainya. Profil mesias dalam PL mencakup banyak peran/status & semuanya tergenapi pada satu pribadi saja yaitu Yesus.


Share:

Apakah Yesus memiliki anak & berusia lanjut? (Yesaya 53:10)

Yesaya 53:10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.
"Ia" yang dibicarakan dalam kitab Yesaya 53 akan diselamatkan oleh Allah, menikah dan memiliki anak sampai usia lanjut.  Bagaimana menurut anda?

Tanggapan:
Pernyataan tsb mencoba memasukan konsep dr luar (eisegese) ke dlm pengertian ayat Yes 53:10. Kata "diselamatkan" kemungkinan berkaitan dgn lolosnya Yesus dr kematian (teori diserupakan atau teori lolos dr kematian di kayu salib). Kata "menikah" muncul akibat dr penafsiran kata "keturunan" yg diartikan secara fisik.
Namun pendapat ini tertolak berdasarkan ayat sebelumnya. Yes 53:9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat...
Share:

Debat Historitas Injil & Penyaliban Yesus: Seri 6 Penutup


Pengantar: Seri 6 ini adalah akhir dari perdebatan yang cukup panjang. Berdasarkan berbagai data sejarah bahwa kisah penyaliban & kematian Yesus sangatlah historis. Demikian juga kebangkitan Yesus yang memang belum menjadi fokus pembahasan dalam debat ini. 
Yesus mati untuk anda dan saya...

Mata Malaikat
 Baik saya jawab apa yg anda minta.
Menurut saya, injil kanonik yg ada saat ini merupakan buku sejarah yang ditulis oleh penulis2 seprti LUKAS dan kebenarannya perlu diteliti lagi.
Sebagai buku sejarah, keakuratan ceritanya perlu ditinjau ulang mengingat sipenulis hanya menuliskan berdasarkan kesaksian dari oranglain. Contoh Kesaksian penyangkalan PETRUS 3x terhadap jesus...
Share:

Debat Historitas Injil & Penyaliban Yesus: Seri 5 Evaluasi Debat & Pernyataan Kontroversial


Apologia Kristen
ok.. sy coba mengevaluasi diskusi yg telah berlangsung sampai saat ini dan sy melihat anda terus memunculkan point2 baru yg justru tdk berpengaruh dgn standing point anda Quran.

Pertama anda mengangkat masalah codex, dan kurang memperhatikan faktor manuscript pra codex, sehingga tuduhan anda dokumen injil hanyalah produk abad ke-4 tdk akurat. Anda kemudian msk ke masalah kanonisasi terutama dgn point masalah terlambatnya beberapa kitab msk ke dalam kanon. Sekali lagi ini menunjukan anda kurang mengerti sejarah kanonisasi, dgn mencoba meragukan otentitas injil berdasarkan hal ini. Padahal kitab2 yg tdk terlambat msk dalam kanon atau diterima universal sejak semula termasuk diantaranya injil2 Kanonik. Selanjutnya anda mencoba membandingkan dgn injil apokrif dan lagi asumsi anda gugur, karena dlm byk hal injil kanonik sangat otoritaf & otentik. Terakhir anda msk ke masalah manuscript P52 & lukas yg menyebut tulisan2 lain dan telah sy bahas di atas.
Share:

Debat Historitas Injil & Penyaliban Yesus: Seri 4 Manuscript & Penulisan Injil


Mata Malaikat
JJ: Contoh manuscript P52 yg berisi fragmen Injil Yohanes oleh papyrologist ditentukan bertgl thn 125. Dgn ditemukannya di Mesir jauh dr Yerusalem di thn 125-an

Setahu saya manuskrip P52 hanya berisi 7 baris dari kitab Johanes (jhon 18:31-33) dan (jhon 18:37-38) dibagian belakang. artinya tidak utuh sebuah kitab. dan ditemukan tahun 1920 BUKAN tahun 125 seperti yg anda bilang. Dan ini dianggap manuskrip TERTUA dari perjanjian baru.

Tahun 125 pun baru sekedar ANGGAPAN krn anddapan sebenarnya bahwa tulisan ini barasal dari pertengahan abad pertama hingga pertangahana abad ke 2. Jadi belum ada indikasi bahwa tulisan ini berasal dari Zaman ketika Jesus masih hidup. Seandainya benar ditulis tahun 125M, maka bisa dipastikan penulisnya BUKAN murid Johanes, Kecuali beliau berumur hingga ratusan tahun seperti perkiraan tadi (pertangahan abad pertama--> pertengahan abad ke 2)

Apologia Kristen
Yah maksud pernyataan sy thn 125 adalah thn penulisan manuscriptnya. Silahkan perhatikan pernyataan dr ahli textual criticism ttg hal ini.

".. The critical significance of p52, which preserves only a fragment of John 18, lies in the date of 'about 125' assigned to it by the leading papyrologists. Although 'about 125' allows for leeway of about twenty-five years on either side, the consensus has come in recent years to regard 125 as representing the later limit, so that p52 must have been copied very soon after the Gospel of John was itself written in the early 90's A.D. (with the recent discovery of p90 another second century fragment of the Gospel of John is now known). It provides a critical witness to the quality of the New Testament textual tradition, further confirming it by exhibiting a 'normal text', i.e., attesting the text of today (that of Nestle-Aland26 and GNT3)." The Text of the New Testament, Aland and Aland, Eerdmans/EJ Brill: 1989 (2nd ed).
Share: