Kristus/AntiKristus, Islam & Yahudi

Pengantar: Notes ini merupakan hasil diskusi dgn Amri Yusra pendiri IPCI (Islamic Propagation Centre International) Australia yang juga murid Ahmeed Deedat. Diskusi dgn Amri berlangsung singkat dan dilanjutkan dengan Faisal Yunus. Diskusi dgn Amri membahas makna kata Kristus/AntiKristus serta kaitannya dgn Islam. Kemudian diskusi selanjutnya dgn Faisal Yunus membhs hubungan AntiKristus dan Yahudi.


Share:

Apakah Paulus keliru mengenai hari kedatangan Tuhan?

1 Tes 4:14  Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.
1 Tes 4:15  Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal.
1 Tes 4:16  Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;

Pernyataan Paulus dalam 1 Tes 4:15 sering dianggap sebuah kekeliruan Paulus mengenai hari kedatangan Tuhan. Dalam ayat itu terkesan Paulus masih hidup saat Tuhan datang. Bagaimana kita menyikapi ayat tsb?

Share:

Debat Konsep Penebusan & Kematian Yesus

Pengantar: Debat antara Jimmy Jeffry vs Yry Ags PRwnt & Arda Chandra seputar konsep penebusan dan kematian Yesus. Beberapa rekan lain ikut memberi komentar dalam debat ini. Transkrip debat ini disajikan sesuai dengan alur diskusi yang terjadi tanpa ada perubahan, hanya sedikit pengeditan untuk pengaturan transkripnya.


Yry Ags PRwnt
Penyaliban adalah kutukan:
Kitab Ulangan:
21:22 “Apabila seseorang berbuat dosa yang sepadan dengan hukuman mati, lalu ia dihukum mati, kemudian kaugantung dia pada sebuah tiang,
21:23 maka janganlah mayatnya dibiarkan semalam-malaman pada tiang itu, tetapi haruslah engkau menguburkan dia pada hari itu juga, sebab seorang yang digantung terkutuk oleh Allah; janganlah engkau menajiskan tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu menjadi milik pusakamu.”
Lalu apa yang terjadi?
Share:

Masalah Seputar Yusuf & Maria


Mat 1:18  Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. 
Mat 1:19  Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. 

Bagaimana ayat 19 ini menerangkan pada ayat 18 sebelumnya ada keterangan BELUM MENIKAH, dan pada ayat 19 tertulis YUSUF ingin DIVORCE atau menceraikan, sedangkan mereka belum menikah...??

Tanggapan
Teks-teks Bible mengenai status suami/istri Yusuf & Maria terlihat "bermasalah" karena menilainya dari perspektif budaya masa kini. Namun ini bukanlah sebuah masalah jika memahami konteks budaya Yahudi pada masa itu. Pertunangan (betrothal-erusin) pada budaya Yahudi saat itu memiliki tingkat ikatan yang lebih kuat dibanding term "pertunangan" masa kini. "Betrothal (erusin) then was more binding than most engagements are today and was normally accompanied by the groom’s payment of at least part of the bride price..." (Keener, Craig S., IVP Bible Background Commentary: New Testament, Downer’s Grove, IL: InterVarsity Press 1997.)
Share:

Apakah beda Anak Allah dan anak-anak Allah?


Bisakah anda menjelaskan perbedaan pengertian Anak Allah? Tidak hanya Yesus yang disebut Anak Allah, bahkan semua orang yang beriman bisa disebut Anak Allah..

Tanggapan 
Kata "Anak Allah" (tunggal) dan "anak-anak Allah" (jamak) merupakan kata figuratif/metafora bukan secara literal bahwa Allah mempunyai anak biologis. Untuk memahami artinya tentu kita harus lihat konteksnya. Jika diperhatikan secara teliti jelas ada perbedaan antara penyebuatan "Anak Allah" dan "anak-anak Allah".


Share:

Mengapa Transfigurasi Yesus tidak tercatat di injil Yohanes?


Matius 17:1-9, Markus 9:2-9, dan lukas 9:28-36
Ayat-ayat diatas menceritakan Yesus yang mengajak secara eksklusif hanya 3 orang muridnya : Petrus, Yakobus dan Yohanes naik ke sebuah gunung yang tinggi.
Di tempat itu Yesus berubah menjadi bercahaya, dan bertemu dengan Musa dan Elia, dan tiba-tiba turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia."

Peristiwa diatas adalah peristiwa rohani yang luar biasa, sehingga Matius, Markus, dan Lukas yang tidak ikut menyaksikan peristiwa tersebut menuliskannya dalam injil mereka, tetapi mengapa Yohanes yang seharusnya saksi mata langsung, malah tidak menceritakannya dalam injilnya? Apakah injil Yohanes bukan ditulis oleh Yohanes murid Yesus ?

Tanggapan
Peristiwa ini disebut transfigurasi Yesus yang terjadi di sebuah gunung tinggi dan hanya disaksikan 3 orang murid Petrus, Yakobus & Yohanes
Mar 9:2 Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendirian saja. Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka, 

Share:

Apakah Yesus hamba sekaligus Tuhan? (Yesaya 53:11)


Yesaya 53:11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.
Apakah Yesus hamba sekaligus Tuhan ?

Tanggapan
Yesus memiliki natur/hakekat sebagai Allah dan sebagai manusia. Yesus juga memiliki banyak peran/status sebagai hamba, imam, nabi, raja, gembala, penebus, juruselamat dan sebagainya. Profil mesias dalam PL mencakup banyak peran/status & semuanya tergenapi pada satu pribadi saja yaitu Yesus.


Share:

Apakah Yesus memiliki anak & berusia lanjut? (Yesaya 53:10)

Yesaya 53:10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.
"Ia" yang dibicarakan dalam kitab Yesaya 53 akan diselamatkan oleh Allah, menikah dan memiliki anak sampai usia lanjut.  Bagaimana menurut anda?

Tanggapan:
Pernyataan tsb mencoba memasukan konsep dr luar (eisegese) ke dlm pengertian ayat Yes 53:10. Kata "diselamatkan" kemungkinan berkaitan dgn lolosnya Yesus dr kematian (teori diserupakan atau teori lolos dr kematian di kayu salib). Kata "menikah" muncul akibat dr penafsiran kata "keturunan" yg diartikan secara fisik.
Namun pendapat ini tertolak berdasarkan ayat sebelumnya. Yes 53:9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat...
Share:

Debat Historitas Injil & Penyaliban Yesus: Seri 6 Penutup


Pengantar: Seri 6 ini adalah akhir dari perdebatan yang cukup panjang. Berdasarkan berbagai data sejarah bahwa kisah penyaliban & kematian Yesus sangatlah historis. Demikian juga kebangkitan Yesus yang memang belum menjadi fokus pembahasan dalam debat ini. 
Yesus mati untuk anda dan saya...

Mata Malaikat
 Baik saya jawab apa yg anda minta.
Menurut saya, injil kanonik yg ada saat ini merupakan buku sejarah yang ditulis oleh penulis2 seprti LUKAS dan kebenarannya perlu diteliti lagi.
Sebagai buku sejarah, keakuratan ceritanya perlu ditinjau ulang mengingat sipenulis hanya menuliskan berdasarkan kesaksian dari oranglain. Contoh Kesaksian penyangkalan PETRUS 3x terhadap jesus...
Share:

Debat Historitas Injil & Penyaliban Yesus: Seri 5 Evaluasi Debat & Pernyataan Kontroversial


Apologia Kristen
ok.. sy coba mengevaluasi diskusi yg telah berlangsung sampai saat ini dan sy melihat anda terus memunculkan point2 baru yg justru tdk berpengaruh dgn standing point anda Quran.

Pertama anda mengangkat masalah codex, dan kurang memperhatikan faktor manuscript pra codex, sehingga tuduhan anda dokumen injil hanyalah produk abad ke-4 tdk akurat. Anda kemudian msk ke masalah kanonisasi terutama dgn point masalah terlambatnya beberapa kitab msk ke dalam kanon. Sekali lagi ini menunjukan anda kurang mengerti sejarah kanonisasi, dgn mencoba meragukan otentitas injil berdasarkan hal ini. Padahal kitab2 yg tdk terlambat msk dalam kanon atau diterima universal sejak semula termasuk diantaranya injil2 Kanonik. Selanjutnya anda mencoba membandingkan dgn injil apokrif dan lagi asumsi anda gugur, karena dlm byk hal injil kanonik sangat otoritaf & otentik. Terakhir anda msk ke masalah manuscript P52 & lukas yg menyebut tulisan2 lain dan telah sy bahas di atas.
Share:

Debat Historitas Injil & Penyaliban Yesus: Seri 4 Manuscript & Penulisan Injil


Mata Malaikat
JJ: Contoh manuscript P52 yg berisi fragmen Injil Yohanes oleh papyrologist ditentukan bertgl thn 125. Dgn ditemukannya di Mesir jauh dr Yerusalem di thn 125-an

Setahu saya manuskrip P52 hanya berisi 7 baris dari kitab Johanes (jhon 18:31-33) dan (jhon 18:37-38) dibagian belakang. artinya tidak utuh sebuah kitab. dan ditemukan tahun 1920 BUKAN tahun 125 seperti yg anda bilang. Dan ini dianggap manuskrip TERTUA dari perjanjian baru.

Tahun 125 pun baru sekedar ANGGAPAN krn anddapan sebenarnya bahwa tulisan ini barasal dari pertengahan abad pertama hingga pertangahana abad ke 2. Jadi belum ada indikasi bahwa tulisan ini berasal dari Zaman ketika Jesus masih hidup. Seandainya benar ditulis tahun 125M, maka bisa dipastikan penulisnya BUKAN murid Johanes, Kecuali beliau berumur hingga ratusan tahun seperti perkiraan tadi (pertangahan abad pertama--> pertengahan abad ke 2)

Apologia Kristen
Yah maksud pernyataan sy thn 125 adalah thn penulisan manuscriptnya. Silahkan perhatikan pernyataan dr ahli textual criticism ttg hal ini.

".. The critical significance of p52, which preserves only a fragment of John 18, lies in the date of 'about 125' assigned to it by the leading papyrologists. Although 'about 125' allows for leeway of about twenty-five years on either side, the consensus has come in recent years to regard 125 as representing the later limit, so that p52 must have been copied very soon after the Gospel of John was itself written in the early 90's A.D. (with the recent discovery of p90 another second century fragment of the Gospel of John is now known). It provides a critical witness to the quality of the New Testament textual tradition, further confirming it by exhibiting a 'normal text', i.e., attesting the text of today (that of Nestle-Aland26 and GNT3)." The Text of the New Testament, Aland and Aland, Eerdmans/EJ Brill: 1989 (2nd ed).
Share:

Debat Historitas Injil & Penyaliban Yesus: Seri 3 Injil Kanonik & Para Rasul


Mata Malaikat
JJ: Artinya sejak awal kitab/surat in telahi diteguhkan oleh para rasul sendiri ditambah lagi dgn byknya kutipan2 teks kitab/surat kanonik oleh bapa2 gereja yg juga murid/cucu murid dr para rasul itu sendiri

Kenyataannya para RASUL tidak pernah mengatakan hal ini dalam tulisannya.

Apologia Kristen
Perlu diketahui pd masa awal2 periode rasul2, jemaat masih terpusat di Yerusalem. Dan budaya komunikasi yg berkembang saat itu adalah budaya oral yaitu melalui pengajaran langsung para rasul2. Seiring berkembangnya pengikut Kristus di beberapa kota seperti Antokhia dll & perjalanan misi Paulus & Petrus, maka mulai disusun tulisan2. Matius menyusun injil berdasarkan catatannya karena memang dia sebelumnya seorang tax collector. Markus yg adalah murid dr Petrus mencatat informasi dr gurunya Petrus. Lukas kawan perjalanan dr Paulus & sering bertemu dgn para rasul di Yeruselam, melakukan investigasi ttg peristiwa yg terjadi. Demikian pula Yohanes yg ditulis belakangan pasca selesainya injil sinoptis ditulis.
Share:

Debat Historitas Injil & Penyaliban Yesus: Seri 2 Kanonisasi PB


Mata Malaikat
JJ:  Injil2 apokriph seperti Injil Yudas, Injil Nikodemus dsb merupakan produk gnostik abad 2, 3 & 4 yaitu pr bidat yg mencoba melakukan sinkretism kekristenan dgn gnotisisme ditambah imajinasi mereka. Otentitasnya sangat diragukan dibanding injil kanonik

saya sudah bahas diatas bahwa anda dan seluruh gereja "menganggap asli suatu kitab berdasarkan injil kanonik yang ada. seandainya injil judas atau nikodemus yang jadi kanonik saat ini, MUNGKIN gereja akan menganggap kitab matius, lukas dll adalah PALSU buatan imajiner seseorang.

Sementara patut ditanyakan, sebenarnya siapa yang MENGKANON (menganggap asli 4 kitab saat ini)??? apakah Jesus? murid2? ataukah oranglain yang hidup jauh dari masa2 Jesus As, wafat....

Jika anda mw jujur bahwa keaslian alkitab (kanonisasi) ditentukan oleh orang2 yang hidup jauh setelah Jesus wafat. bahkan pada project kanonisasi awal kitab wahyu dan beberapa kitab lainnya tidak ikut masuk ke dalamnya dan baru masuk beberapa tahun kemudian

 Apologia Kristen
Anda sedang mengarahkan diskusi ke masalah "otentitas bible" it's ok, namun hrs tetap sinkron dgn topik ini dgn menjadikan kisah penyaliban Yesus sebagai keypoint-nya. Secara khusus seputar kanonisasi PB yg sedang anda pertanyakan, mengenai kanonisasi quran sebaiknya di thread lain.
Share:

Debat Historitas Injil & Penyaliban Yesus: Seri 1 Teori Penyaliban & Codex Sinaiticus

Pengantar: Debat ini terjadi di salah grup FB dengan topik semula membahas Historitas Penyaliban/Kematian Yesus dalam Injil. Namun selanjutnya diskusi lebih banyak membahas Historitas Injil. Transkrip debat ini telah ditata kembali secara topikal untuk memudahkan para pembaca mengikuti alur diskusi, tanpa merubah isi diskusi yang telah terjadi.


Apologia Kristen
Ada 3 point utama dr kekristenan.
1. Yesus telah disalibkan
2. Yesus mati di kayu salib.
3. Yesus telah bangkit dr kematian

Share:

Konsep Mesianik Orang Yahudi Abad Awal


Pertanyaan: Apakah orang Yahudi pada masa Yesus atau masa-masa sebelumnya mengharapkan Mesias datang sebagai raja yang akan membebaskan mereka dari penjajahan Romawi?

Jawaban
Yah sebagian, tetapi tidak semua memiliki konsep demikian. Secara esensial konsep raja yang dimaksud bukanlah dalam pengertian raja lahiriah (duniawi). Konsep ini memang muncul sejak bangsa bangsa Yahudi dijajah Romawi dimulai saat aksi pendudukan yang dipimpin Jenderal Pompey (63 SM), makanya cukup logis banyak orang Yahudi masa itu termasuk para murid Yesus berpengharapan kedatangan Mesias yang akan memerdekakan mereka dari Romawi. Namun para murid akhirnya mengerti bahwa Yesus sebagai raja dalam pengertian rohaniah. Konsep raja lahiriah ini umumnya masih  dipegang oleh Unbeliever Jewish saat ini, tetapi herannya sampai terkumpulnya bangsa Yahudi yang terserak di berbagai bangsa dan membentuk sebuah negara Israel, mereka belum juga menemukan figur mesias yang dimaksudkan.
Share:

Dialog Seputar Nubuatan Mesianik Yes 7:14-16


Pengantar: Dialog ini terjadi di grup CLDC membahas nubuatan Yesus dalam Yes 7:-14-16. Silahkan mencermati dialog konstruktif ini

Yes 7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.
Yes 7:15 Ia akan makan dadih dan madu sampai ia tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik,
Yes 7:16 sebab sebelum anak itu tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik, maka negeri yang kedua rajanya engkau takuti akan ditinggalkan kosong.
Ini lebih tepat Single Prophecy, Typology atau Dual Prophecy??, let's share..
Share:

Mengapa Kita Merayakan Natal ??

Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. (Luk 2:10-11)

Memang harus diakui tanggal 25 Desember sebagai peringatan hari lahirnya Yesus masih diperdebatkan. Berbagai argumentasi diajukan baik Pro maupun Kontra sambil mengajukan alternatif tanggal lain seperti di bulan Juni dll. Dari kajian sejarah secara komprehensif tanggal 25 Desember memiliki dasar yang kuat seperti yang dipaparkan dalam situs ini http://www.dec25th.info.  Lepas dari perdebatan tanggal ini, satu hal yang pasti & penting, kelahiran (Natal) Yesus merupakan fakta sejarah bahwa Dia pernah ada di bumi, berjalan-jalan di atas tanah palestina pada abad-abad awal.
Share:

Yesus: Pencipta atau Ciptaan? Studi ayat Kol 1:15


Pertanyaan
Apakah Yesus ciptaan menurut Kolose 1:15?

Tanggapan
Kol 1:15 "Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan".
Pihak Unitarian & Saksi Yehuwah memahami kata "sulung" (prototokos) dalam arti urutan waktu penciptaan atau Yesus adalah ciptaan pertama. Jika kita melihat arti tekstual kata prototokos terdapat dua pengertian: harfiah (literal) dan figuratif (simbolis). Mereka memilih arti pertama yaitu arti literal.
Share:

Keilahian Roh Kudus


Pertanyaan:
Roh kudus sebagai pribadi ke-3 Tuhan, dimanakah Yesus menjelaskan hal tersebut?

Tanggapan.
Yesus menjanjikan kepada para murid akan datangnya Roh Kudus.
Yoh 14:16-17 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong (Parakletos) yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran...
Share:

Pilihan Iman yang Berbeda: Metzger VS Ehrman


Menarik menyimak dua "giants" Bruce Metzger (alm) & Bart Ehrman yang menggeluti bidang sama Textual Criticism namun menarik kesimpulan akhir berbeda, Metzger tetap setia pada iman Kristen konservatif sedangkan Ehrman meninggalkan imannya menjadi liberal dan agnostic. Padahal keduanya cukup dekat, Ehrman menganggap Metzger sebagai mentor & "doctor father", bahkan Ehrman menjadi co author Metzger untuk bukunya The Text of The New Testament edisi keempat. Salah satu textbook studi Textual Criticism disamping buku-buku tulisan Kurt Aland/Barbara Aland, Keith Elliot, Maurice Robinson,Gordon Fee, Michael Holmes dan lain-lain.
Share:

Debat Keilahian Yesus: Benarkah Yesus Allah ??

Pengantar: Debat ini terjadi di grup diskusi FB Sola Scriptura antara Jimmy Jeffry (Apologia Kristen) dengan Elang Imannuel seorang Unitarian. Debat hanya berlangsung singkat karena Elang tidak lagi memberi tanggapan terhadap posting terakhir. Beberapa point seputar topik ini akan dibuatkan artikel yang lebih mendalam oleh Apologia Kristen.

Jimmy
Berkaitan dengan topik ini, sebagai pengantar awal, ada beberapa hal yang perlu saya tanyakan kepada anda.
1. Saksi Yehovah mempercayai Yesus hanyalah "allah" kecil atau makhluk istimewa sebagai agent dari Allah yang menciptakan alam semesta, ini bisa disebut henotheism. Apakah anda sependapat dengan konsep ini?

2. Apakah "makhluk" Yesus ini dikategorikan dalam kelompok malaikat? jika yah, apakah anda sependapat dengan Frans Donald yang mengidentifikasinya sebagai malaikat Mikhail? jika tidak jelaskan posisi anda. 

Elang
Setahu saya henoteisme adalah konsep tentang Allah yang bersifat nasional. Begini, Yesus memang bergelar Elohim seperti Bapa. Bapa melalui Yesus adalah pencipta alam semesta ini.
24 Namun Yusuf tetap kukuh lengannya, tetap kuat panahnya, karena kuasa Sang Gembala Mahakuat, Allah Yakub, Pelindung Israel. (Gen 49:24 BIS)
1 Pada mulanya, sebelum dunia dijadikan, Sabda sudah ada. Sabda ada bersama Allah dan Sabda sama dengan Allah. (Joh 1:1 BIS)
3 Segalanya dijadikan melalui Dia, dan dari segala yang ada, tak satu pun dijadikan tanpa Dia. (Joh 1:3 BIS)

Apakah Yesus termasuk malaikat?
Saya rasa Yesus lebih tinggi dari malaikat, tetapi yang jelas seorang "Makhluk" surgawi.
8 Tetapi kepada Anak itu, Allah berkata, "Takhta-Mu, ya Allah, akan kekal selama-lamanya! Pemerintahan-Mu adalah pemerintahan yang adil.
9 Engkau suka akan keadilan, dan benci akan kecurangan; itulah sebabnya Allah, Allah-Mu, memilih Engkau dan memberi kepada-Mu kehormatan yang mendatangkan sukacita, melebihi teman-teman-Mu."

10 Allah berkata juga, "Engkau, Tuhan, pada mulanya menciptakan bumi, dan Engkau sendiri membuat langit.

11 Semuanya itu akan lenyap, dan menjadi tua seperti pakaian; tetapi Engkau tidak akan berubah.

12 Alam semesta ini akan Kaulipat seperti baju, dan akan Kauganti dengan yang lain. Tetapi Engkau tidak pernah akan berubah, dan hidup-Mu tidak akan berakhir."

13 Allah tidak pernah berkata begini kepada seorang malaikat pun, "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaklukkan kepada-Mu." (Heb 1:8-13 BIS)

Jimmy
Henotheism is the belief and worship of a single god while accepting the existence or possible existence of other deities that may also be worshipped. (Wikipedia)
Henotheism: the worship of one god without denying the existence of other gods (Merriam Webster)

Anda menyatakan Yesus bergelar Elohim, sambil merujuk Gen 49:24 & John 1:1 termasuk Heb 1:8. Di sisi lain anda menekankan hanya ada satu Allah (Elohim) exclude Yesus. Apakah Yesus bukan Elohim? Atau apakah Yesus adalah Elohim level rendah model henotheism?

Jika anda meyakini Yesus bukan Elohim dan hanya bergelar Elohim, bagaimana anda menjelaskan ketiga ayat tersebut? Mungkinkah seorang makhluk sorgawi ciptaan Allah menggunakan gelar Elohim?

Selanjutnya bagaimana anda menjelaskan Joh 1:3 yang juga anda kutip. Joh 1:3 "Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan". Jika Yesus bukan pencipta berarti Yesus adalah salah satu ciptaan atau sesuatu yg dijadikan. Nah bagaimana anda menjelaskan kalimat dari ayat tersebut “.. tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.”?

Elang
Merujuk ke Injil Yohanes sendiri bahwa Yesus bergelar Elohim, namun hanya Bapa yang satu-satunya Elohim yang benar.
BIS John 1:1 Pada mulanya, sebelum dunia dijadikan, Sabda sudah ada. Sabda ada bersama Elohim dan Sabda sama dengan Elohim. BIS John 17:3 Inilah hidup sejati dan kekal; supaya orang mengenal Bapa, satu-satunya Elohim yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang diutus oleh Bapa.

Terserah jika Jimmy Jeffry mengkategorikan hal tersebut ke dalam henoteism atau tidak.

Mungkinkah seorang ciptaan Elohim bergelar Elohim? Ya, sangat mungkin. Contohnya adalah Musa, dimana YAHWEH mengangkatnya menjadi Elohim bagi Firaun, plus ada nabinya pula.
BIS Exodus 7:1 YAHWEH berkata kepada Musa, " (Exo 7:1 BIS)

Analogi :
Saya ini ciptaan Elohim dengan cara biologis kedua orang tua saya. Begitupun alam semesta ini yang diciptakan YAHWEH Elohim melalui suatu Makhluk surgawi yang belakangan kita kenal dengan nama Yesus Kristus.

Jimmy
Anda mengambil contoh Musa yang juga disebut Elohim dalam Exo 7:1. Namun yang jadi pertanyaan saya adalah Elohim dalam pengertian ilahi, bukan sekedar term Elohim.
אלהים 'ĕlôhı̂ym el-o-heem' Plural of H433; gods in the ordinary sense; but specifically used (in the plural thus, especially with the article) of the supreme God; occasionally applied by way of deference to magistrates; and sometimes as a superlative: - angels, X exceeding, God (gods) (-dess, -ly), X (very) great, judges, X mighty. (Strong’s Hebrew & Greek Dictionaries)

Musa disebut Elohim dalam konteks, Musa memiliki wibawa seperti Elohim terhadap Firaun. Di sini penyebutannya tidak dibarengi dengan atribut keilahian yang melekat dalam penyebutan Elohim terhadap Musa.

Jelas berbeda dengan Yesus, dimana penyebutan Elohim kepada Yesus disertai atribut keilahian yang melekat. Kata Elohim (Allah) dalam John 1:1 berkaitan dengan kata “Pada Mulanya” yang merupakan salah satu atribut keilahian. Joh 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Pada ayat berikut, Heb 1:8 Tetapi tentang Anak Ia berkata: "Takhta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran.’. Kata Allah (Elohim) yang ditujukan kepada Anak (Yesus) berkaitan dengan kata “Takhta.. selamanya.. tongkat kerajaan” yang merupakan atribut-atribut keilahian.
So.. pertanyaan saya adalah mungkinkah makhluk ciptaan Allah bergelar Elohim dengan atribut-atribut keilahian seperti yang saya jelaskan di atas ??

Mengenai Joh 17:3 "Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus"
Sebelum saya beri tanggapan detail terhadap ayat ini, saya bertanya kepada anda. Jika anda memahami arti kata “satu-satunya” (MONOS) dalam pengertian satu mutlak, bagaimana anda menjelaskan kata yang sama yang ditujukan kepada Yesus? seperti dalam Jud 1:4 ...dan yang menyangkal satu-satunya (MONOS) Penguasa dan Tuhan kita, Yesus Kristus.”

Selanjutnya kata “Benar” (Alethinos) apakah ini berarti kontras dengan Allah (Elohim) lain yang salah, kalau begitu seperti uraian di atas, apakah Yesus adalah Elohim yang palsu/salah? :-)

Berkaitan penciptaan oleh Yesus, anda belum juga memberi penjelasan terhadap pertanyaan saya sebelumnya. Jika Yesus bukan pencipta berarti Yesus adalah salah satu ciptaan atau sesuatu yang dijadikan. Nah bagaimana anda menjelaskan kalimat dari ayat tersebut (John 1:3) “.. tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.”?

ApologiaKristen.co.cc
Share: